Siswa dan gerobak baca (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

Gerobak Baca Cara SDIT Miftahul Ulum Dukung Siswa Membaca Buku

Posted on 648 views
DepokNews- Guna mendukung minat baca siswa, SDIT Miftahul Ulum berlokasi di Jalan Yayasan, Kelurahan Gandul, Kecamatan Cinere, menyediakan “Gerobak Baca” bagi para siswa.
Wakil Kepala SDIT Miftahul Ulum Bidang Kurikulum, Mudzakir mengatakan, pengadaan gerobak baca tersebut sudah ada sejak SDIT Miftahul Ulum ditunjuk sebagai sekolah literasi 2017 lalu. Gerobak baca diletakkan di depan lapangan sekolah, dimana siswa kebanyakan beraktifitas disana.

“Jadi siswa dapat baca buku saat makan siang atau istirahat sekolah,” jelasnya.

SDIT Miftahul Ulum, juga banyak mendapat penghargaan. Seperti di akhir 2017 lalu dari Provinsi Jawa Barat hingga medali dari Australia.
“Makanya dibuat tempat ini biar siswa makin suka membaca,” kata Mudzakkir.
Mudzakir menjelaskan, buku-buku yang ada di gerobak baca sekolah terdiri dari berbagai macam buku, baik buku fiksi dan non-fiksi. Sebagai penunjang pengetahuan, siswa juga diperbolehkan menyumbang buku ke sekolah.

“Supaya nggak jenuh bukunya itu-itu saja. Tapi dari pihak sekolah juga membeli buku untuk koleksi di perpus dan gerobak baca ini,” terang Muzakir.

Setelah ditetapkan sebagai sekolah literasi, SDIT Miftahul Ulum juga menerapkan pembiasaan yang dilakukan setiap pagi, yakni membaca buku 15 menit sebelum mulai KBM dan reading maraton (Redaton) tiap bulannya.

“Kami sangat berharap metode ini dapat meningkatkan minat baca siswa untuk gemar membaca. Nantinya akan menambah wawasan pengetahun mereka,” tandasnya.(mia)