Gerakkan Sektor UMKM PKB Depok Aplikasikan Food Bank

DepokNews- Melanjutkan program Jumat Berkah dan mengaplikasikan Food Bank PKB Jabar, DPC PKB Kota Depok membagikan takjil secara gratis kepada masyarakat dan pengguna jalan jelang berbuka puasa setiap Hari Jumat, dibeberapa titik yang telah ditentukan di Kota Depok.

“Selama Ramadan, kami mengganti program Jumat Berkah yang bisanya membagikan nasi kotak ba’da Salat Jumat, kini menjadi pembagian takjil jelang berbuka puasa,” kata Ketua DPC PKB Kota Depok, M. Faizin, belum lama ini.

Adapun tiga titik lokasi pembagian takjil tersebut, sambung Faizin yang juga Anggota Komisi IV DPRD Jabar ini yakni, di Kantor DPC PKB Kota Depok, Jalan K.H Yusuf Raya, serta beberapa wilayah lainnya.

Seperti di Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya, kemudian di Jalan Boulevard GDC, tepatnya di depan Alun-alun Kota Depok. Kemudian di Raya Sawangan, lokasinya di Exit Tol Sawangan.

Wakil rakyat daerah pemilihan (Dapil) Jabar 8 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini melanjutkan, program ini, juga untuk mengaplikasikan program Food Bank PKB Jabar, yakni gerakan yang digagas DPW PKB Jawa Barat untuk membantu masyarakat dan pelaku UMKM yang bergerak di bidang bisnis makanan siap saji, seperti warteg, pedagang kuliner lainnya.

“Ide Food Bank PKB Jabar ini diinisiasi oleh Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda dalam kegiatan Road To Aksi Melayani Indonesia di Kabupaten Bandung akhir Maret  2021 dan merupakan suluk perjuangan untuk kemenangan PKB,” jelasnya.

Lebih lanjut Faizin menerangkan, gerakan Food Bank PKB Jabar pertama kali diluncurkan pada awal bulan April tahun 2021 oleh DPW PKB Jabar di Kota Bandung dan kemudian disusul dilaksanakan serentak oleh pengurus DPC PKB se-Jawa Barat.

“Gagasan mengenai Food Bank ini di latar belakangi oleh kondisi sulit yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia selama hampir dua tahun lebih,” katanya.

Berbeda dengan konsep Food Bank pada umumnya, Faizin menegaskan, Food Bank PKB Jabar yang memiliki semangat membantu pelaku UMKM ini membeli sejumlah makanan dari pedagang untuk kemudian dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, seperti anak yatim, pengamen, tukang becak, hingga driver ojek online.

Program yang akan dilaksanakan hingga akhir tahun 2021 ini merupakan wujud nyata dari politik kehadiran yang sedang dijalankan oleh PKB Jawa Barat. Food Bank PKB ini juga adalah implementasi dari platform Peduli Ummat Melayani Rakyat dan diharapkan dapat secara bertahap menggerakan sektor ekonomi rill masyarakat.

“Doakan kami selalu istiqomah untuk peduli umat dan melayani rakyat,” pungkas Faizin.(Mia)