DepokNews–Pancoran Mas (14/04/2019), puluhan Anggota Gerakan Pramuka Kota Depok yang tergabung dalam Satuan Karya Adhyasta Pemilu melaksanakan apel kesiapan untuk terjun mengawasi di TPS pada 17 April 2019.

“Satuan Karya (SAKA) Pramuka adalah wadah pendidikan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan pengalaman para pramuka dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam hal ini Saka Adhyasta Pemilu berkonsentrasi pd pengetahuan pengawasan kepemiluan. Sebagai implementasinya maka Pramuka turut berpartisipasi dalam even besar hajat negara Indonesia guna turut berkontribusi menciptakan pemilu yg jujur dan adil.” ujar Kak Nina Suzana Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Depok dalam pesannya di tempat terpisah.

Apel yang diadakan sejak pagi hingga siang hari di Lapangan Balaikota Depok dihadiri oleh 40 Anggota Saka Adhyasta pemilu, Dewan Saka dan Pimpinan Saka Adhyasta Pemilu Kota Depok sebagai mentor dalam memberi pendalaman materi kepemiluan.

Adapun pendalaman materi dalam apel kesiapan Pramuka adalah Buku Panduan Pemantauan Pemilu yang diterbitkan oleh Saka Adhyasta Pemilu Jawa Barat.

Jaka Suchendra selaku Sekretaris Pimpinan Saka Adhaysta Pemilu menagatakan dalam sambutannya, “Sebagaiamana sertifikat Lembaga Pemantau yang telah diterbitkan Bawaslu RI nomor: 080/BAWASLU/IV/2019 ditandatangani oleh Ketua Bawaslu RI, maka dengan itu Saka Adhyasta Pemilu telah terdaftar resmi sebagai Lembaga Pemantau Independen yang bisa melakukan pemantauan langsung dalam Pemilu.”

“Atas dasar hal tersebut Anggota Saka Adhyasta Pemilu Kota Depok akan diterjunkan ke 50 TPS yang merupakan titik rawan di Kota Depok.” tutup Jaka.