DepokNews–(Siak, 22/02/2020). Dalam rangka turut menyemarakkan Hari Ulang Tahun Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (HUT PATRI) ke 16 tahun 2020, DPC PATRI Siak selenggarakan Tour de Sawah (TDS) III 2020.

“Saya anak Transmigran yang dibesarkan di Bumi Melayu Siak, dan sekarang diberi amanah oleh Bupati Siak sebagai Camat disini (Bungaraya, red)” ujar Amin Soimin, yang juga Ketua DPC PATRI Siak.

Sebelumnya, sekitar 2.000 peserta bersepeda mengikuti TDS III. Termasuk Ketum DPP PATRI Hasprabu, dan Sahli Menteri Desa, Dr. Conrad Hendrarto. Rute yang ditempuh jalan persawahan menuju agrowisata, dari Kampung Buantan Lestari menuju finis di Kemuning Muda.

Seusai memotong tumpeng HUT PATRI, Hasprabu menyatakan: “Saya sungguh bangga. Ribuan anak sekolah turut menyemarakkan HUT ini. Bungaraya adalah bukti nyata kontribusi Transmigrasi dalam membangkitkan pembangunan daerah dan merekatkan anak bangsa.”

“Silakan lihat sendiri”, ujar Hasprabu sambil menunjuk kearah ribuan peserta yang mayoritas anak sekolah.
“Mereka anak keturunan Transmigran yang sudah menyatu disini.” Imbuhnya.

Selain TDS III, DPC PATRI Siak juga sudah mengembangkan agrowisata dan festival layang-layang.

Turut memeriahkan HUT PATRI 2020 di Bungaraya, antara lain Asisten Sekda, kepala dinas terkait, Kapolsek, Pengurus Anak Cabang PATRI, para kepala kampung (desa, red), Direktur Sekolah Tinggi Pariwisata Tri Sakti Jakarta, LSM Belantara, dan masyarakat sekitarnya.

Acara semakin meriah saat dibagikan undian hadiah kepada para peserta TDS III 2020.

(spb)