Geliat Mesjid Al HudaTugu Depok Dalam Semangat Ramadhan Pada Masa Pandemi

Kegiatan Muslimat Al Huda selama pandemic

DepokNews–Pandemi virus korona berdampak luas pada kehidupan manusia termasuk masjid yang menjadi tempat peribadatan muslim. Masjid tak lagi ramai karena dikhawatirkan meningkatkan risiko penularan COVID-19 di antara jemaah.

Humas Muslimat Al Huda El Shanti  menjelasakan, dampak virus korona masih terjadi hingga Ramadhan 2021 yang tentunya berpengaruh pada setiap masjid.

“Dengan kondisi ini, pengurus Masjid Jami Al Huda Kelurahan Tugu Cimanggis Depok tetap memghidupkan aktivitas  beribadah dan kegiatan sosial lainnya namun tetap melakuka   tindak pencegahan demi menekan risiko infeksi COVID-19,” jelas El Shanti Rabu (12/5/2021).

El Shanti  juga menjelaskan, Masjid Al Huda tentunya tetap melaksanakan kegiatan selama Ramadhan yang dimodifikasi. Misalnya :

Sholat Taraweh

Kajian Tarawih Subuh

Buka bersama yang tak lagi dimakan bersama di masjid.

Kegiatan selama Ramadhan 2021 diubah menjadi sebar takjil atau hidangan buka puasa dalam bentuk nasi box

Kegiatan ini  dilaksanakan di beberapa titik lokasi yang dinilai strategis di sekitaran mesjid Al Huda.

4.Kajian yang menjadi ciri khas program Biro  Pendidikan Muslimat Al Huda menyajikan Tarhib Ramadhan dan Kajian Muslimah Spesial dengan mengundang  nara sumber nara sumber yang sangat kompeten di bidangnya. Diselenggarakan secara online pada Sabtu 1 Mei 2021, dengan para nara sumber

Yaitu ustadz  Azzam Shidqi,LC, Msi  dengan taujih yang bertajuk  Menggapai Lailatul Qadar

Juga dr  MithaHafsah Sp PD dengan tajuk Penyakit Penyakit yang Beresiko terhadap Covid 19

Peserta  adalah masyarakat umum yang menyambut antusias acara ini.

Santunan Yatim Dhuafa. Yang merupakan program unggulan biro sosial Muslimat AlHuda, tetap dilakukan rutin tanpa terhalang pandemi. Tentu saja semua dilakukan secara ptotokol kesehatan yang ketat.

Peserta Santunan adalah anak anak yatim mulai tingkat TK sd tingkat SMA

SantunanAnak Yatim dan Dhuafa dikomandani Biro Sosial Muslimat Al Huda

Tak mau kalah dengan semangat para ibu pengurus mesjid Al Huda, maka para aktivis remaja mesjid Al Huda Rismada menggelar acara kajian remaja bertajuk Better Self Better Life.

Acara yg digelar selasa 4 Mei 2021 ini bertema kan tentang bagaimana mengenalai rasa insecure dalam diri dan cara mengatasinya (oleh Ika Malika M, Psi)

Dan bagaimana menggapai potensi diri untuk kebaikan dunia dan akhirat.( oleh Jodhi Adhikaprana ST, Msc) Acara yang sangat diminati ini mengundang /berlaku untuk umum.

7 Sanram ( Pesantren Ramadhan) yang juga merupakan program rutin tetap terlaksana dengan menyesuaikan kondisi pandemi

Maka Sanran dilaksanakan selama 7 hari secara online.Dengan kuota 100 anak peserta, acara yang diselenggaran oleh Rismada (Remaja Islam Al Huda) sebagai Tim pengajar & pembimbing selalu menjadi program favorite anan anak .

8 Pengumpulan dan Penyaluran Zakat yang merupakan program wajib yang dikomandani DKM Mesjid tetap terselenggara. Panitia membuka stand penerimaan zakat dimulai 3 mei sd 12 mei 2021 dengan 3 shift penerimaan.

Zakat yang diterima akan disalurkan kepada dhuafa masyarakat sekitar.

9 Sebagai acara puncak Ramadhan,  DKM mesjid Al Huda bersama Muslinat Al Huda dan Rismada) bahu membahu menggelar Sholat Ied dengan Khutbah Ust Tifatul Sembiring. Dengan kondisi pandemi maka panitia secara ketat mengatur terselengaranya acara dengan protokol kesehatan bagi jamaah yang menjalankan ibadah sholat ied.

“Demikian rangkaian program yang diselenggarakan oleh DKM Mesjid Al Huda bersama Muslimat Al Huda dan Rismada ( Remaja Mesjid Al.Huda). Rupanya pandemi tak menggoyahkan mereka untuk tetap berdakwah, menyebar kebaikan dan melayani masyarakat,” pungkas El Shanti.