Forum renja Disdukcapil Depok (Foto: Mia Nala Dini-DepokNews)

DepokNews- Target data kependudukan yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021, menjadi program prioritas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok.

Hal tersebut tercantum dalam pembahasan Forum Rencana Kerja (Forum Renja), yang dibuka Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna di Hotel Savero Depok, Selasa (19/2/2019).

Kepala Disdukcapil Kota Depok Misbahul Munir mengatakan, dalam Forum Renja kali ini pihaknya berupaya menuntaskan target terkait data kependudukan yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021. Misalnya saja, dengan penuntasan target 100 persen perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.

“Artinya seluruh warga yang wajib KTP harus segera tercapai. Dalam upaya itu, secara terstruktur telah direncanakan melalui 8 program. Salah satunya, program peningkatan pelayaan kependudukan dan catatan sipil,” jelasnya.

Munir melanjutkan, dalan Forum Renja Disdukcapil juga ditetapan 32 kegiatan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020. Termasuk, kegiatan pemuktahiran data pada Kartu Keluarga (KK).

“Misalnya pada kolom pendidikan serta pekerjaan dalam Kartu Keluarga harus up to date, agar data yang dimiliki juga data nyata. Karena data Disdukcapil digunakan hampir di semua sektor, baik pelayanan kesehatan dan pelayanan publik lainnya,” ungkap Munir.

Dalam setiap Forum Renja Disdukcapil, pihaknya juga melibatkan perwakilan masyarakat. Sebab, perencanaan yang dilakukan demi meningkatan pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat Depok.

“Seluruh elemen yang diundang telah menyepakati. Hal ini untuk mempermudah pelayanan Disdukcapil kepada masyarakat,” tandasnya.(mia)