Gedung Pusdiklat APU dan PPT di Tapos Depok Diresmikan

Posted on 2,065 views

DepokNews–Gedung pusat pendidikan dan latihan pusat pelaporan dan Analisa Transaksi yang berada di Kelurahan Tapos, Kecamatan Tapos Kota Depok pada Kamis (30/11) diresmikan oleh sejumlah Menteri dan Kapolri.

Penggunaan gedung pencetak intelijen atau detektif anti-pencucian uang dan pendanaan terorisme itu diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto pada Kamis(30/11).

Disaksikan langsung Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laolly, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Gubernur Bank Indonesia, dan Kepala PPATK Kiagus Ahmad Badaruddin.

Kepala PPATL Kiagus mengatakan  PPATK merupakan lembaga sentral yang mengkoordinasikan pelaksanaan upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang yang berada di Indonesia dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Keberadaan lembaga itu dianggap amat penting dan strategis untuk mendukung kinerja PPATK.

“Untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten di bidang antipencucian uang dan pendanaan terorisme,” kata Kiagus.

Dia mengapresiasi juga pemerintah yang menyetujui anggaran pembangunan gedung kampus itu sebagai perhatian untuk mencegah dan memberantas tindak pidana pencucian uang dan pemberantasan terorisme.

“Khususnya melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengembangan anti-pencucian uang dan pendanaan terorisme.”katanya.

Di lokasi sama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan
Wiranto menambahkan novasi yang dilakukan PPATK sangat tepat sebab Indonesia akan menghadapi perubahan dunia yang sangat cepat, termasuk menyangkut kejahatan digital.