DepokNews–Cipayung, Depok (27/05/2021). Untuk meningkatkan jumlah lansia yang divaksinasi, Kecamatan Cipayung bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Cipayung, menyelenggarakan Gebyar Vaksinasi khusus lanjut usia (Lansia), Jum’at (27/05/2021). Acara dimulai jam 09.00-13.30 WIB, di kantor kecamatan Cipayung, Depok.

Dokter Yani Haryani, Kepala Puskesmas Cipayung menjelaskan. Jumlah lansia (usia diatas 60 tahun) di Cipayung sebanyak 8.000 orang. Tetapi yang sudah divaksin baru 1.000 orang, atau 12,50%. Dikatakannya, melakukan vaksinasi kepada lansia cukup sulit. Karena itu pihaknya terus melakukan berbagai langkah agar lansia mendapat perhatian lebih.

Selanjutnya, setelah vaksinasi tahap pertama ini, setelah 28 hari akan dilanjutkan tahap kedua. Tepatnya tanggal 25 Juni 2021. “Tapi tempatnya di Puskesmas Cipayung,” Imbuhnya.

Diminta pendapatnya, Pramono dari FKDM (Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat) Kota Depok menyatakan, mendukung langkah Puskesmas Cipayung tersebut.

Ditambahkan, secara terbatas pihaknya pernah melakukan penelusuran dan wawancara kepada lansia yang ada sekitar Kantor Kecamatan Cipayung.

“Hasil penelusuran saya, jawaban lansia disimpulkan tiga hal. Pertama karena takut, ke-dua karena tidak ada yang mengantar, dan ke-tiga karena tidak tahu tentang vaksinasi ini”, ujarnya.

Karena itu, pihaknya meminta agar jejaring FKDM Kecamatan Cipayung, pengurus kewilayahan (RT, RW) dan jejaring masjid bisa turut membantu. “Sebaiknya para kader posyandu dilibatkan lebih intensif. Kalau perlu, para lansia itu dijemput. Karena ada juga pasangan lansia yang tinggal berdua. Sehingga tidak mungkin datang kalau tidak dijemput. Karena sudah sepuh”. Pungkasnya.

Tampak hadir acara gebyar vaksinasi lansia tersebut antara lain: Dinas Kesehatan Kota Depok, PLT Camat Cipayung Hasan Nurdin, Babinkamtibmas, Babinsa, dan para relawan pendamping kesehatan.

(SPB)