Garage Sale Dan Seminar Kekerasan Terhadap Perempuan Dan Anak Di Kota Depok Jawa Barat

Posted on 1,120 views

Oleh : Daun Salam Community

DepokNews–Persoalan kekerasan terhadap perempuan dan anak adalah masalah publik dan masalah besar yang harus ditangani serius oleh negara dan pemerintah terkait. Tak kalah bahayanya dibandingkan dengan persoalan sampah, kemacetan dan juga masalah PKL. Karena kekerasan terhadap perempuan dan anak memerlukan waktu yang panjang untuk proses pemulihannya. Bahkan sulit mengobati luka pada kekerasannya. Dan, korban kekerasan berpeluang besar untuk menjadi pelaku kekerasan dikemudian hari sehingga terus menerus akan berlangsung dan merugikan kualitas generasi yang akan datang.

Persoalan kekerasan terhadap perempuan dan anak ini juga merupakan tanggung jawab semua pihak. Sehingga diharapkan semua pihak ikut peduli untuk mencegah, serta menanggulangi kekerasan yang terjadi disekitarnya.

Kota Depok, yang merupakan salah satu Kota penyangga ibukota negara belum lama ini ramai dengan adanya pemberitaan “pelaku begal payudara” yang berkeliara. Seperti dilansir oleh Detik.com pada Selasa, 17 Juli 2018 “pelaku begal payudara” kembali menghantui perempuan di kota ini, karena sebelumnya sempat viral di media sosial mengenai kejadian tentang peremasan payudara.

Trend kekerasan terhadap perempuan dan anak yang meningkat di Kota Depok khususnya membuat Komunitas Daun Salam (sebuah Komunitas Perempuan Alumni Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta) yang peduli terhadap persoalan-persoalan sosial khususnya terkait perempuan dan anak tergerak untuk ikut serta menyikapi persoalan ini dengan mengadakan Garage Sale “Bersama untuk berdaya” dan seminar mengenai “Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak di Kota Depok” yang rencananya akan dilaksanakan pada:

Hari/tanggal : Sabtu, 6 Oktober 2018

Waktu : 11.00 WIB – 21.00 WIB

Lokasi : D’Mall Depok Jl. Margonda Raya Kav. 88, Kemiri Muka, Beji Depok Jawa Barat 16423

Garage sale sendiri bertujuan untuk menggalang dukungan publik dalam bentuk dana, jaringan dan kerelawanan (tri daya) untuk kemudian disalurkan kepada kelompok atau individu yang tengah melakukan inisiatif perubahan di wilayahnya, dengan harapan keluar dari segala bentuk ketidakadilan demi terpenuhinya harkat kemanusiaan bagi semua perempuan Indonesia dimanapun berada. Dana hasil Garage Sale yang terkumpul nanti rencananya akan disalurkan untuk pendirian rumah baca dan pemberdayaan bagi perempuan dan anak-anak yang berada di berbagai daerah di Indonesia. Dan sebagai Pilot Project saat ini adalah di Desa Rumpin Bogor Jawa Barat.

Sedangkan kegiatan seminarnya bertujuan agar masyarakat lebih mengenal bentuk-bentuk kekerasan serta untuk mengetahui sejauh mana Pemerintah Daerah Depok telah membuat kebijakan dalam memberikan perlindungan bagi Perempuan dan Anak.