Oleh : Rizka Tri Handayani

DepokNews- Gang Inspirasi, merupakan suatu wadah penampung aspirasi masyarakat yang terletak di Jalan H. Umar Kelapa Dua Kecamatan Cimanggis, Kota Depok.

Mulyadi, selaku inisiator Gang Inspirasi menjelaskan Gang Inspirasi ini dibangun sejak tahun 2019 yang bertujuan untuk mewadahi kegiatan positif anak remaja dan masyarkat Kelurahan Tugu, menjadi sarana untuk meningkatkan kapabilitas orang tua dan menjadi pusat bisnis masyarakat.

“Gang Inspirasi merupakan wadah masyarakat untuk mengembangkan potensi dan bisnis. Di sini terdapat 4 pilar utama yaitu Rumah Inspirasi, Taman Inspirasi, Tetangga Inspirasi dan Bisnis Inspirasi, ” ujar Mulyadi, Jumat (6/11/2020)

Ia juga menambahkan bahwa konsep awalnya adalah Gang Inspirasi, yang kemudian diperluasnya dengan diadakannya Rumah Inspirasi yang menjadi sumber segala inspirasi yang terdapat di lingkungan masyarakat berupa ide, gagasan serta implementasi suatu kebijakan. Rumah inspirasi menjadi sebuah prosesor segala kegiatan dan aktifitas yang akan dilakukan di Gang Inspirasi.

Kemudian, ungkapnya selain rumah inspirasi terdapat juga Taman Inspirasi yang digunakan untuk bercocok tanam dan dengan adanya Taman Inspirasi ini dapat menjadi role model bagi masyarakat untuk mengelola perkarangan rumah dan halamanya agar tercipta lingkungan yang nyaman.

“Taman Inspirasi ini bagian dari kegiatan HATINYA ( Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman) PKK.
Di Depok lahan terbuka itu sudah jarang sudah padat pemukimannya. maka kita menyisihkan tanah ini untuk dibuatkan Taman Inspirasi, yang juga bisa digunakan untuk bercocok tanam,” ujar Mulyadi.

Selain itu, terdapat juga Tetangga Inspirasi, yang mana saat terdapat ide atau gagasan tidak akan berjalan jika hanya dilakukan seorang diri atau hanya segelintir orang. Maka setiap warga harus menjadi inspirasi bagi tetangganya agar budaya kebaikan akan terus menyebar ke msyarakat yang lainya pula.

Terakhir adalah Bisnis Inspirasi, disini mulyadi dan pihaknya mengajak masyarakat untuk menciptakan peluang bisnis dengan potensi yang dimiliki. Selain itu, Bisnis Inspirasi juga membantu pemasaran hasil produk yang dibuat masyarakat sekitarnya melalui pemasaran online atau E-commerce.

“Jadi kita menjadi wadah buat tetangga mengeksplore usaha mereka ke dunia luar. Soalnya banyak tetangga-tetangga disini yang kurang mengembangkan usaha mereka,”

Ia berharap dengan adanya Rumah Inspirasi ini dapat terus menjadi wadah aspirasi serta mengembangkan bisnis masyarakat yang bermukim di wilayahnya.