Gali Kreatifitas Siswa Melalui Lomba Bercerita Tingkat Kota Depok

Posted on 5 views

DepokNews- 37 siswa SD/MI dari 11 Kecamatan di Depok, mengikuti lomba bercerita Tingkat Kota Depok, di Aula Perpustakaan Balkot Depok, Kamis (20/4). Siswa diberi kesempatan tampil selama 15 menit, membawakan dongeng bertema ‘Rumahku Surgaku’.

Kabid Perpustakaan Dinas kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok Anny Rachmawati menjelaskan, kegiatan ini adalah bagian dari Hari Jadi Kota Depok ke-18. Lomba bercerita pun sudah kali keempat diadakan.

“Agenda rutin tiap tahun untuk lomba bercerita jenjang SD,” ujar Anny.

Pemenang dari lomba ini nantinya akan diadu di tingkat Nasional pada tahun 2018 nanti. Tujuannya sendiri adalah mengembangkan minat baca siswa, menggali kreatifitas dan imaginasi serta keberanian untuk tampil dimuka umum.

“Ini sebagai wadah siswa dalam menggali kreatifitas, daya imaginasinya diungkapkan melalui bercerita,” tutur mantan Kabid Sosial di Dinas Sosial ini.

Anny melanjutkan, juri dalam lomba ini adalah praktisi dongeng dan komunitas gerakan pendongeng untuk kemanusian (Gapuk). Untuk penilaiannya sendiri mulai dari penguasaan materi, ekspresi, mengembangkan cerita hingga gesture tubuh.

“Nanti siswa yang menang akan dilatih dan didampingi teman-teman dari Gapuk, untuk maju ke Tingkat Nasional,” tandasnya.(mia)