Forum Warga Kukusan Bentuk Tim Relawan Sampah

Posted on

DepokNews — Forum Komunikasi Masyarakat Kukusan (FOKUS) tidak hanya aktif dalam menjaga keamanan di Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji. Fokus juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan, dengan membentuk tim relawan sampah. Ketua Fokus, Suryadi Tholib mengatakan, pihaknya membentuk tim relawan sampah yang berpatroli dan menangkap pelaku pembuang sampah sembarangan di Kukusan, seperti dilansir depok.go.id

“Mereka yang terbukti membuang sampah sembarangan akan kita denda. Denda administrasi minimal Rp 1 juta,”katanya kepada depok.go.id, Senin (20/02/2017).

Ia menuturkan, dengan membentuk tim relawan sampah, maka dapat membuat efek jera dan membangkitkan kesadaran, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan dan tetap hidup sehat.

“Selain pembuang sampah sembarang terkena denda, kami juga akan mengambil foto pelaku, lalu menyebarkan ke sosial media. Agar menciptakan efek jera,” ucapnya.

Selain itu, Suryadi Tholib mengungkapkan, dirinya bersama para anggota melebarkan kepeduliannya di bidang sosial.

“Dua tahun terakhir, sejak tahun 2015, FOKUS melebarkan kepeduliannya tidak hanya di bidang keamanan, tetapi juga bergerak di sosial dan budaya,” jelasnya.

Lebih lanjut, sambung Suryadi, FOKUS mencoba mengadakan kegiatan di bidang sosial melalui aksi menggalang dana dari masyarakat, untuk diberikan kepada warga bila ada warga yang sakit dan tidak mampu.

“Kita sudah membantu beberapa warga. Ada tiga orang anak penderita kanker, seorang ibu penderita stroke, seorang ibu penderita diabetes dan harus diamputasi, bayi dengan kelainan, korban bencana garut,” terangnya.

Dirinya pun menjelaskan, Fokus juga aktif untuk melestarikan budaya. Dengan cara merangkul Karang Taruna untuk melestarikan keseninan Gambang Kromong dan Lenong Betawi.

“Alhamdulillah, mereka sudah beberapa kali tampil diberbagai kegiatan. Intinya, kami berharap, semoga kedepannya FOKUS bisa lebih banyak berbuat baik dan semakin dirasakan manfaatnya bagi lingkungan dan masyarakat Kota Depok,” tutupnya.