FOKLA Depok Gelar Edukasi Literasi Media Sosial dan Kewirausahaan

Posted on

DepokNews — Forum Kota Layak Anak (FOKLA) DEPOK bekerja sama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia sukses menyelenggarakan acara bertemakan Edukasi Literasi Media Sosial dan Kewirausahaan Bagi Remaja sekaligus Launching Posyandu Remaja di lingkungan RW 017 Kelurahan Beji Barat, Kecamatan Beji Kota Depok, Ahad (2/4/2017).

Acara yang dimulai sejak pukul 06.30 hingga pukul 11.00 dan dihadiri oleh sekitar 40 remaja dari lingkungan RW 017 Beji tersebut diawali dengan pemeriksaan kesehatan dasar remaja seperti pengukuran tinggi badan, berat badan dan tensi darah. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh kader posyandu remaja di lingkungan RW 017 yang sebelumnya sudah terbentuk. Acara dilanjutkan dengan senam bersama yang dipimpin oleh instruktur senam Kak Muhammad Restu kemudian setelahnya para peserta melaksanakan sarapan sehat bersama.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari beberapa pihak, diantaranya ketua RW 017 Bapak Hasan, ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat FE UNJ ibu Susan Febriantina S.Pd,. M.Pd.dan ketua Forum Kota Layak Anak ibu Retno Wijayanti, S.Si. A.Pt. Acara inti yakni edukasi literasi media sosial dan kewirausahaan di sampaikan oleh para dosen dari Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta serta sosialisasi Bahan Pangan Berbahaya dari YLKI.

Para peserta yang hadir sangat menikmati acara dari awal hingga akhir, mereka senantiasa antusias dan terlibat aktif memimpin dan mengikuti sesi demi sesi kegiatan tersebut. Kedepannya acara Posyandu Remaja di RW 017 ini akan rutin dilaksanakan setiap sebulan sekali, tentunya dengan menggandeng berbagai pihak diantaranya pemerintahan kota, masyarakat, media dan dunia usaha. Lebih jauhnya lagi kegiatan posyandu remaja di RW 017 Beji ini dapat menjadi rujukan bagi RW lainnya yang ada di lingkungan kota Depok. Dengan demikian, para generasi muda di kota Depok dapat hidup lebih sehat, berdaya dan berkualitas.

 

 

Kegiatan utama dalam edukasi tersebut
adalah membentuk supaya mempunyai pola hidup yang sehat dan cerdas anatar lain:
1.Senam pagi
2.Pemeriksaan kesehatan BB TB dan cek Darah
3.Cerdas memilih makanan yang sehat
Sehat bermedsos meliputi :
1.Memotivasi remaja untuk percaya diri dan kreatif
2.Menggunakan media sosial untuk berwira usaha
3.Cerdas dalam menggunakan medsos untuk hal-hal yang positif dan produktif,
menghindari segala bentuk kekerasan dalam berkata atau menulis di medsos.