FKPP Depok Fokus Pendataan Pesantren

Posted on 8 views

DepokNews — Depok-Ketua Umum FKPP ( Forum Komunikasi Pondok Pesantren) Kota Depok KH. Bahrudin Toyid mengaku akan fokus pendataan pesantren di depok. Menurutnya, upaya tersebut bagian dari program jangka pendek. Pasalnya, hal tersebut menjadi bagian vital dalam pengembangan Pesantren.

“Setelah pelantikan pada 10 Oktober kemarin, kita segera melaksanakan Rapat Kerja dalam waktu dekat, termasuk dalam mengesahkan AD/ART dan Program Kerja jangka pendek maupun jangka panjang,”ujar Pengasuh Pesantren As-Salamah ini.

Menurutnya, pendataan Pesantren di Depok sangat penting sekali. Pasalnya, untuk mengetahui sudah memiliki izin, sudah terdaftar atau tidak. Terlebih lagi, lanjutnya, saat ini ribuan santri Kota Depok dari Pesantren yang ada. “Tentunya, kita berharap dengan pendataan ini sebagai bagian awal pembinaan Pesantren untuk menjadi lebih baik lagi,”paparnya.

Dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan silaturahmi ke berbagai Pesantren Depok. Disamping itu, juga untuk menggali bahan dan materi pengembangan dari Pesantren di Depok.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kemenag Kota Depok H. Ismatulloh, berharap dengan adanya FKPP ini dapat menjadikan pondok pesantren di Depok lebih maju. Selain itu, lanjutnya, juga berkembang dengan baik dari segi kelembagaan maupun prestasi. Pasalnya, sekarang sudah tersedia banyak fasilitas yg mendukung. “Semoga Pesantren di Depok semakin maju dalam prestasi maupun kelembagaannya,”harapnya.

Kepala Seksi PAKIS Kemenag Depok H. Sadeli juga berpesan bahwa FKPP ini harus dapat menjadi jembatan antara Pondok pesantren dengan Pemerintah Daerah maupun pusat. Termasuk dalam “mengambil hak pesantren/santri” dari APBD dalam rangka turut serta memajukan pendidikan dan akhlak anak bangsa.

“Dalam rangka hari Santri Nasional FKPP belum dapat berpartisipasi penuh karena waktunya terlalu dekat, sehingga FKPP hanya dapat mendukung kegiatan Hari Santri yg telah diprakarsai oleh PCNU kota Depok,”terangnya.