DepokNews–Fakultas Ilmu Keperawatan  Universitas Indonesia turut berperan dalam salah satu program kesehatan nasional, yakni Sarana Total Berbasis Masyarakat (STBM). STBM merupakan aksi terpadu untuk menurunkan angka kejadian penyakit menular berbasis lingkungan, salah satunya yang paling umum adalah diare.  Program yang berjudul “Pembentukan Duta Sanitasi Sekolah sebagai Upaya Mewujudkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat” ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Pondok Cina, Depok. Tujuan dilakukannya program ini adalah untuk mengubah perilaku bersih dan sehat melalui kegiatan mencuci tangan di kalangan anak usia sekolah.

Rangkaian program yang berlangsung dari bulan Juni hingga Juli 2019 ini terdiri dari beberapa kegiatan, antara lain pembangunan sarana mencuci tangan, edukasi perilaku hidup bersih dan sehat, khususnya dengan mencuci tangan, dan diakhiri dengan pemilihan duta sanitasi sekolah. “Kami dari pihak sekolah berterima kasih kepada Fakultas Ilmu Keperawatan UI yang telah menginisiasi kegiatan ini. Kami berharap kebiasaan mencuci tangan dapat terus berlangsung. Diawali dari sekolah, dan mudah-mudahan dapat menjadi kebiasaan baik juga di rumah.” ungkap Ibu Kepala Sekolah SDN 3 Pondok Cina, Ibu Hj. Huzaenah, S.Pd.SD.

Guru dan siswa yang mengikuti rangkaian acara ini pun sangat antusias dan bersemangat selama program berlangsung. “Kami berharap dengan telah terpilihnya duta sanitasi sekolah, kebiasaan mencuci tangan dapat tersebar luas di kalangan siswa sekolah dasar sehingga dapat menurunkan angka penyakit menular” ungkap penanggung jawab kegiatan Ns. Bhekti Setya Ningrum, S.Kep yang juga merupakan dosen muda Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.