Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI), telah melaksanakan kegiatan pertama dari rangkaian kegiatan Pengabdian Masyarakat IPTEK bagi Masyarakat, yaitu Awareness Training Pendekatan (Sustainable Development Goals) SDGs untuk Pencegahan Penyakit Tidak Menular/ Non Communicable Diseases (NCDs) dan keberlanjutan lingkungan (green metric) di FIK UI. Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia (RIK UI).

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan FIK UI, Dr. Enie Novieastari, S.Kp., M.S.N., yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan doa dan sesi foto bersama sebelum dimulainya kegiatan hari itu. Tim green metric FIK UI, perwakilan dosen pemerhati green metric dan NCDs free dari setiap departemen, perwakilan mahasiswa FIK UI, serta Manajer Riset, Pengbadian Masyarakat dan Publikasi menjadi peserta dalam kegiatan ini. Para peserta diberikan soal pre-test untuk dikerjakan sebelum dilakukannya sesi materi.

Materi yang dibawakan dalam kegiatan awareness training ini dibagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama adalah materi green metric yang dibawakan oleh Dr. Sigit Mulyono, S.Kp., M.N., sesi kedua merupakan sesi materi SDGs yang dibawakan oleh Ns. La Ode Abdul Rahman, S.Kep, MBA, dan sesi terakhir berupa materi tentang NCDs yang dibawakan oleh Hening Pujasari, S. Kp., M.Biomed, M.A.N.P, Ph.D. Pada setiap sesinya, selain terdapat penyampaian materi, peserta juga melakukan kegiatan diskusi interaktif, presentasi dan juga kuis. Peserta dengan presentasi terbaik dan juga yang berhasil menjawab kuis diberikan hadiah menarik.

Pada penghujung kegiatan dari awareness training ini, dilakukan pemilihan Duta Green Metric, SDGs dan NCDs FIK UI oleh kedua Wakil Dekan FIK UI, Dr. Enie Novieastari S.Kp., M.S.N. dan Dr. Nani Nurhaeni, S. Kp., M.N. yang ditunjuk dari peserta yang hadir pada kegiatan awareness training ini. Peserta yang terpilih menjadi duta tersebut adalah Ns. Anggri Noorana Zahra, S.Kep, M.Sc. dan Aries Mundari, S.Sos. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemberian post-test kepada peserta dan pengumuman peserta dengan hasil nilai ­pre-test dan post-test terbaik. Acara yang berlangsung selama kurang lebih 7 jam tersebut diakhiri dengan doa penutup dan sesi foto bersama kembali.