DepokNews–Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Depok Cimanggis dan Sawangan bekerjasama dengan Universitas Gunadarma serta, PT Telkom dan beberapa lembaga lainnya mengadakan Festival UMKM sekaligus launching program Business Development Services untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor KPP Pratama Cimanggis, Jalan Pemuda Kota Depok. Acara yang berlangsung selama dua hari, Senin dan Selasa (11-12/2/2019) tersebut berlangsung meriah.

Pada hari pertama kegiatan ini dibanjiri pengunjung serta dihadiri para pejabat terkait dan pada hari keduapun juga tidak kalah meriahnya, bahkan pada hari kedua banyak kegiatan digelar sehingga acara tersebut semakin semarak.

Kegiatan tersebut antara lain : Talkshow dengan nara sumber dari Pegadaian, BJB & Telkom. Pada hari kedua tersebut juga diadakan aneka lomba seperti lomba goyang maumere, lomba mewarnai dan dongeng anak, lomba vokal solo serta menampilkan hiburan badut dan fungames.

Festival UMKM Kota Depok ini diikuti 60 peserta yang menggelar aneka produk UMKM, seperti kuliner, produk hasil pertanian, kerajinan tangan, fashion dan produk-produk lainnnya

Kemeriahan kegiatan ini membawa keberuntungan bagi para pelaku UMKM yang menggelar hasil karyanya karena dagangannya laris manis sehingga bisa mendapatkan untung yang lumayan, seperti yang dikatakan Sri Haryani, pelaku usaha UMKM dari Sawangan Depok.

“Alhamdulillah penjualan saya pada acara ini cukup tinggi, laris. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah memfasilitasi saya ikut Festival ini secara gratis,” kata Sri Haryani yang memproduksi minuman kesehatan dari bahan jahe dan lidah buaya.

Kepala Kantor KPP Pratama Depok Cimanggis, Deni Hendana berharap kegiatan tersebut bisa membantu UMKM dalam mengembangkan usahanya.
“Kami berharap kegiatan ini bisa menjadikan UMKM kita lebih maju dan pada giliranya nanti akan menjadi wajib pajak yang bisa memberikan kontribusi untuk membangun negara melalui pajak yang dibayarkan,” kata Deni Hendana.

Sedangkan Kepala Kantor KPP Pratama Depok Sawangan Mamik Eko Soessanto menghimbau kepada masyarakat luas agar mematuhi kuwajibannya sebagai wajib pajak demi keberlangsungan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurut Mamik Eko Soessanto, salah satu upaya untuk meningkatkan kesedaran wajib pajak dengan menggandeng Universitas Gunadarma sebagai mitra dalam memberikan edukasi wajib pajak sejak dini.

“Para mahasiswa nantinya jika sudah bekerja atau wiraswasta diharapkan menjadi wajib pajak yang taat, maka peran perguruan tinggi untuk memberikan edukasi perpajakan terhadap mahasiswa sangat penting,” kata Mamik Eko Soessanto