DepokNews- Potensi situ yang ada di Kota Depok, dapat dimanfaatkan untuk menggaet generasi muda menyukai olahraga, salah satunya olahraga dayung.
Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Perhimpunan Olahraga Dayang Kota Depok Sariyo Sabani, yang mengaku optimis jika generasi muda dapat menyenangi kegiatan olahraga dayung.
“Untuk memperkenalkan dan menimbulkan minat pelajar terhadap olahraga khususnya dayung, kegiatan tentang dayung harus sering digelar,” kata Sariyo yang juga maju sebagai Caleg dapil Pancoranmas dari Partai Amanat Nasional ini.
Sariyo menyontohkan, event festival perahu naga yang belum ini dilakukan di Setu Rawa Besar Kampung Lio Pancoran Mas. Event tersebut penting untuk memperkenalkan olahraga dayung. Karena olahraga dayung dipertandingkan dalam Porda, Kejurbas PON, Sea Games, Asian Games, Asian Beach Games dan Olimpiade.
Ia menambahkan apalagi di Depok potensi situ nya cukup banyak. Dirinya mengungkapkan ada 23 situ yang bisa dimanfaatkan seperti olahraga dayung.
“Potensi situ cukup keren. Ada 26 sekarang  tinggal 23. Olahraga dayung   pun bisa menjadi peluang untuk bekerja,” ungkapnya.
Terkait festival perahu naga, untuk tahun ini adalah kali ke empat diselenggarakan. Festival tersebut diikuti 35 team dayung yang beras dari empat propinsi antara lain Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Banten.
“Semoga ke depan Jawa Timur bisa ikutserta. Selain itu  juga ada festival seni, budaya. Terselenggaranya kegiatan ini berangkat dari keprihatinan terhadap situ yang berjumlah 26 kini ada 23.
Umumnya itu kumuh, tidak terawat, dan penuh dengan sampah. Namun dengan semangat bisa terselenggara acara ini. PODSI Depok pernah menyumbang berbagai medali emas, perak dan juga perunggu. PODSI sebagai pengusul agar event festival perahu naga digelar.
“Alhamdulillah kami juga didukung Wakil Ketua DPRD Kota Depok Yety Wulandari,” pungkasnya.(mia)