Anggota Fraksi PKS Depok Farida Rachmayanti

DepokNews – Anggota DPRD Kota Depok dari FPKS Farida Rahmayanti mengungkapkan hari pendidikan nasional (Hardiknas) harus menjadi momentum untuk merealisasikan tiga hal pokok dalam sistem pendidikan.

Pertama kata Farida yaitu sistem pendidikan nasional diselenggarakan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa serta membentuk akhlak mulia.

Kemudian yang kedua, terwujudnya pemerataan kesempatan pendidikan.

” Dan yang ketiga, terwujudnya peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi manajemen pendidikan untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global sehingga perlu dilakukan pembaharuan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan,” katanya saat dihubungi, Minggu (02/05).

Selain itu tema “Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar.” pada peringatan Hardiknas 2021 harus menjadi momentum terbangunnya sinergi dan kolaborasi berbagai pihak yakni pemerintah, sekolah, guru, siswa, orang tua dan para pemangku kepentingan pendidikan lainnya.

“Demikian halnya di Kota Depok, melalui ‘Merdeka Belajar’ dengan metodenya, Insyaallah akan membentuk karakter peserta didik yang berani, mandiri, cerdik dalam bergaul, beradab, sopan, berkompetensi,”katanya.

“Selanjutnya tidak hanya mengandalkan sistem ranking karena sebenarnya setiap anak memiliki bakat dan kecerdasannya dalam bidang masing-masing,”bebernya.

Dijelaskan Farida sistem pengajaran ‘merdeka belajar’ lebih bersifat outdoor. Pastinya nuansa pembelajaran menjadi lebih nyaman. Sebab murid dapat berdiskusi lebih dengan guru, belajar dengan outing class, dan tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi siswa diminta lebih aktif.

“Harapannya juga adalah akan terbentuk para pelajar yg siap kerja dan kompeten serta berbudi luhur ditengah masyarakat,”pungkasnya.