Farida: PPDB Harus Sejalan Dengan PSBB di Depok

DepokNews- Jalannya prosedur Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020, secara online ditengah kondisi Pandemi Covid-19, harus sejalan dengan program PSBB di Kota Depok.

Hal tersebut ditegaskan Anggota DPRD Depok Fatida Rachmayanti, dari Fraksi PKS. Dengan kondisi pandemi covid 19 masyarakat harus terus berupaya untuk mendisiplinkan diri. Berbagai urusan tetap harus mengarah ke stay at home dan social distancing.

“Karena yakin ingin sukses mengatasi masalah ini. Kuncinya adalah sejauh mana pengelolaan di lapangan, bukan penanganan di rumah sakit.
Jadi memang proses PPDB harus tetap konsisten dengan konsep yang memutus mata rantai penularan,” kata Farida belum lama ini.

Farida melanjutkan, untuk penyerahan berkas berarti harus dicari mekanismenya, atau bisa di scan. Dan setiap keluarga menandatangani pernyataan tentang kesahan dokumen.

“SOP- nya harus transparan juga dan diketahui oleh berbagai pemangku kepentingan. Sehingga semua bisa sama2 mengawal. Tentunya kita semua punya idealisme yg sama tentang sistem pendidikan di Depok. Profesional, berkeadilan dan menjunjung tinggi integritas. Karena ini akan berimbas pada siswa didik. Ini bukan sekedar urusan orang tua (keluarga) dengan sekolah,” jelasnya.

Farida mengungkapkan, yang tidak boleh dilupakan adalah siswa. Karena ini proses yang menyertakan siswa. Hak-hak mereka harus terlindungi dengan baik. Selain mereka juga belajar mengenal sistem nilai yang berkualitas. Ada keterbukaan, ada kompetisi dan ada profesionalisme.

“Tentunya harus dicari solusinya. Bagaimana secara teknis membatu mereka. Agar tadi hak anak untuk bisa sukses belajar 12 tahun tercapai,”

“Saat ini kita sudah membangun sistem sosial dalam penanganan covid 19. Kasuistik-kasuistik bagi mereka yang gagap IT, mungkin bisa disinergikan dengan kampung covid. Antar warga bisa saling membantu. Sekali lagi untuk mencegah terjadinya kerumunan yang lebih massif di sekolah,” tutup Farida.(mia)