DepokNews- Ajakan hijaukan Jalan Margonda Raya, diserukan Anggota Fraksi PKS DPRD Kota Depok, Tengku Farida Rachmayanti.

Farida mengungkapkan, Jalan Margonda sebagai pusat kota, penataannya harus dilakukan secara berkesinambungan, karena menggambarkan wajah kota secara umum.

“Margonda harus dipercantik agar menjadi kebanggaan warganya. Menjadikan tempat yang nyaman bagi keluarga dan masyarakat merajut kebersamaan,” kata Bakal Calon Wali Kota Depok dari PKS ini.

Selain merujuk ke rencana tata ruang wilayah, penataan Margonda bisa mengacu pada konsep penyelenggaraan Kota Hijau. Menurutnya, sebuah konsep pembangunan kota berkelanjutan dan ramah lingkungan yang dicapai dengan strategi pembangunan seimbang antara pertumbuhan ekonomi, kehidupan sosial dan perlindungan lingkungan.

Selain itu, ‘Menghijaukan’ Margonda, bukan hanya membuat rimbun tamannya.  Sebab, ada beberapa atribut yang dibutuhkan, di antaranya perencanaan dan disain yang berwawasan lingkungan, keberadaan ruang terbuka hijau, bangunan hijau, transportasi hijau dan pengelolaan sampah ramah lingkungan.

“Lima atribut itu yang menurut saya harus dilakukan,” ucap Farida.

Margonda akan semakin kinclong, jika dijaga betul dari tumpukan sampah. Karena itu, Margonda selayaknya memiliki sistem pengelolaan sampah tersendiri dengan gerakan 3R-nya yang melibatkan peran masyarakat dan swasta. Kemudian, akan menjadi menarik jika dibentuk komunitas hijau Margonda,  agar gerakan penyelamatan lingkungan ini dapat berjalan efektif.

“Margonda hijau dengan kenyamanannya, bukan hanya menguntungkan bagi para pelaku niaga dan jasa. Tapi juga memberikan kebahagiaan bagi warga sekitar dan masyarakat kota Depok,” tutup Farida.(mia)