Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kembali Gelar Sharia Economics Days

Posted on 14 views

DepokNews — Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kembali menggelar Sharia Economics Days atau biasa yang dikenal dengan sebutan SECOND. Acara ini telah berlangsung untuk yang ke-16 kalinya pada tahun ini. The 16th SECOND FEB UI berlangsung dari tanggal 26 Februari hingga 1 Maret 2017 yang berpusat di kampus FEB UI, Depok.

The 16th SECOND FEB UI merupakan acara tahunan yang dinaungi oleh organisasi Forum Studi Islam (FSI) FEB UI yang bertujuan untuk membumikan dan mensyiarkan ekonomi islam di Indonesia. Pada tahun ini SECOND FEB UI mengusung tema “Excavating The Potency of Islamic Economics To Achieve Sustainable Development Goals (SDGs)” dimana harapannya adalah masyarakat dapat memahami bahwa ekonomi islam tidak hanya berfokus pada keuangan syariah saja, namun juga bisa menghadirkan solusi di tengah-tengah permasalahan masyarakat dan mencapai target-target yang tertuang dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

The 16th SECOND memiliki acara utama yaitu seminar dan konferensi nasional, serta beberapa acara tambahan seperti gathering peserta, institutional visit, dan grand closing. Hari pertama yakni hari Minggu, 26 Februari 2017, diadakan gathering peserta di FEB UI, Depok, dengan tujuan untuk ice breaking serta mempererat tali silaturahmi antar peserta. Hari kedua, acaranya adalah seminar nasional yang bertempatkan di auditorium Soeria Atmaja FEB UI, Depok. Hari ketiga, 28 Februari 2017, diadakan konferensi nasional di FEB UI, Depok, yang terdiri dari 54 peserta dari 20 tim yang datang dari berbagai universitas di Indonesia, seperti UI, UGM, UNPAD, UPI, UNSOED, UMY, UNAIR, dan STEI Tazkia. Hari terakhir, peserta konferensi mengunjungi institusi seperti Bappenas dan BNI Syariah untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana institusi tersebut turut andil dalam perkembangan ekonomi syariah di Indonesia. Selanjutnya pada hari itu juga akan dilangsungkan grand closing yang mana akan diumumkan penghargaan untuk peserta dan juga makan malam bersama. Pemenang utama dari konferensi akan mendapatkan satu paket umroh yang disponsori oleh Ad-Zikra

Acara ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, yaitu BNI Syariah Indves, Danamon Syariah, Ad-Zikra, Indo Premier Securities, Ayam Goreng Fatmawati, Icon+, Bursa Efek Indonesia (BEI), Wardah Cosmetics, Paragon, Frisian Flag, Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI), Kiyora, dan Profita Catering.