DepokNews- Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok memberi tanggapan terkait kinerja Pemerintah Kota Depok di tahun 2020. Tanggapan itu dikemukakan Ketua F-PKS, Sri Utami.

Sri Utami menuturkan tanggapannya mengenai kinerja Pemkot Depok setahun kebelakang. Sri Utami menyebut kinerja Pemkot Depok sangat baik.

Hal itu diutarakan Sri usai DPRD Kota Depok menggelar Rapat Paripurna Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) yang dibacakan Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Ruang Rapat Paripurna, Jalan Boulevard Grand Depok City Cilodong, Rabu (31/3/2021).

Sri mengatakan, dirinya mengapresiasi kinerja dari Pemkot Depok. Karena, meski ada di masa Pandemi Covid-19, Pemkot Depok dinilai bekerja secara maksimal.

“Saya apresiasi kinerja Pemkot Depok bukan hanya tidak mengecewakan, tapi sangat baik,” kata Sri Utami.

Sri menjelaskan, penilaian F-PKS terhadap Pemkot Depok tidak dilakukan secara sembarang melainkan dengan mengacu dan melihat kepada kondisi Kota Depok setahun lalu mulai dilanda Pandemi Covid-19.

Selain Pandemi Covid-19, Pemkot Depok juga dinilai berhasil karena dengan jumlah penduduk yang besar dan tingkat pertumbuhan atau populasi yang tinggi, Pemkot Depok mampu menanggulanginya.

“Dengan tingkat pertumbuhan diatas 3 persen, kondisi suatu daerah biasanya rawan. Tapi di Depok, laju ekonomi tetap naik secara stabil dan itu cukup bagus, dari situ kami menilai Pemkot Depok berhasil,” ujarnya.

Untuk diketahui, meski minus di posisi 2,07, namun laju pertumbuhan ekonomi di Kota Depok dinilai cukup bahkan lebih baik secara statistik dari Tingkat Nasional maupun tingkat Jawa Barat yang ada di tingkat 2,44.

Menariknya sambung Sri Utami, ditengah cengraman pandemi Covid-19, Kota Depok mampu meraih hampir 100 persen Pendapatan Daerah, sementara Pendapatan Asli Daerah (PAD) melampaui targret yaitu sebesar 106,8 persen.

“DAK, DAU juga bisa dikatakan hampir sempurna. Artinya, komunikasi dengan pemerintah pusat berjalan sangat baik. Realisasi belanja tidak langsung juga kami nilai sangat baik, terutama di situasi pandemi,” papar Sri Utami.

Lebih jauh Sri mengatakan, di Era kepemimpinan Mohammad Idris, kinerja Pemkot Depok patut mendapat apresiasi tinggi, karena dapat diandalkan.

Sri juga memberikan sedikit catatan tentang Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun Berkenaan atau SiLPA. Bagi Sri, nilai SiLPa tahun ini relatif lebih kecil dari tahun sebelumnya.

“Jadi intinya, saya selaku ketua F-PKS mengapresiasi. Ini bisa jadi modal yang baik untuk keberlangsungan pemerintahan dibawah kepemimpinan pak Idris pak Imam Budi Hartono selanjutnya,” pungkasnya.