Altit Espa Taekwondo Taman Ilmu saat berlatih

Espa Taekwondo Taman Ilmu Siap Bertarung di Bandung Taekwondo International Invitation 2017

Posted on 18 views

DepokNews — Atlit Taekwondo dari sasana Energik Smart Prestasi Taman Ilmu yang berlokasi di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji akan bertarung di kejuraaan Bandung Taekwondo Internasional Invitation pada 23 hingga 25 September besok.

Pelatih Espa Taekwondo Taman Ilmu Sabam Nim Idham Suprastyo kepada wartawan mengatakan siswanya atas nama Kemal Hibatilah Zidane akan  turun ke under 28 pra kadet.

“Dikejuaraan ini sasana kita akan turunkan satu siswa pada kejuaraan ini, dimana sebelum berlatih akan terus melakukan latihan rutin”katanya.

Dia mengatakn sebelum menjalani proses latihan selama satu bulan menjelang pertandingan, perlu direncanakan dahulu program latihan yang pas dan sesuai selama satu bulan menjelang pertandingan

Hal ini dilakukan agar tujuan dan sasaran dari latihan dapat tercapai, dan latihan tidak berlangsung sia-sia.

Dengan kata lain, tanpa ada perencanaan dan program latihan yang jelas, maka tujuan dan sasaran latihan pun menjadi tidak jelas.

Untuk program latihan fisik taekwondo selama satu bulan menjelang akan dilangsungkannya pertandingan berlangsung.

Setiap harinya baik pagi dan sore diberikan latihan yang bervariasi, dan intensitas latihan juga harus berbeda setiap harinya, tidak boleh latihan berat setiap hari.

Latihan fisik daya tahan kardiovaskuler dengan cara lari selama 30 menit.

Latihan daya tahan kardiovaskuler perlu diberikan agar daya tahan aerobik atlet terbentuk sehingga tidak mudah kelelahan dalam menjalani pertandingan yang berlangsung lama.

“Kami rasa daya tahan anaerobik juga sangat penting untuk dilatihkan, karena memang dalam taekwondo sistem energi anaerobik”katanya.

Latihan juga dilakukan dimana kecepatan merupakan komponen yang sangat penting dalam pertarungan taekwondo.

Pertandingan taekwondo sangat dipengaruhi oleh kecepatan tendangan, sebab jika kalah cepat sedikit saja, maka akan sulit untuk mendapatkan poin.

Teknik-teknik tendangan dalam taekwondo bisa dipakai untuk membuat model latihan kecepatan.

Idham menambahkan siswanya atas nama Kemal Hibatilah Zidane sebelumnya meraih juara dragon solo pemprov Jawa Tengah juara satu under 28, juara kedua Depok taekwondo festival karena sakit tahun 2017 dan Juara satu sendy open di gedung Popki Cibubur 2017 lalu.

“Siswa kami akan juga bertanding di kejuaraan Bharaduta open akhir bulan september 2017 di gedung Popki, Cibubur, Jakarta Timur”katanya.