Foto: Walikota Depok Mohammad Idris, Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida, Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna saat senam bersama ASN di Lapangan Balaikota. 

Era Milenial Bikin Pesatnya Teknologi, Begini Cara Pencegahan Dampak Negatifnya

Posted on 127 views
DepokNews — Pesatnya perkembangan teknologi tidak hanya membawa pengaruh yang positif, namun juga dapat membawa dampak yang negatif. Untuk mencegah pengaruh buruk itu diperlukan peran dari seluruh pihak.
 Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida mengungkapkan bahwa salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi adalah kemudahan anak-anak mengakses berbagai situs yang bermuatan pornografi. Dituturkannya, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Depok sedang gencar mengantisipasi dampak buruk internet.
Oleh karena itu, TP PKK Kota akan mengerahkan seluruh kader untuk mencegah dampak buruk internet.
“Saat ini, kami sedang mengembangkan upaya-upaya apa saja yang dapat dilakukan guna mencegah konten negatif yang ada di internet. Salah satunya,  kader PKK akan dibekali materi pola asuh orangtua di era digital,” papar Bunda Elly beberapa waktu lalu.
Ia juga mengimbau agar pola asuh masyarakat terhadap anak harus berubah di zaman sekarang harus berubah dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi di era globalisasi ini. Ia pun berpesan agar para orangtua paham dan melek internet.
“Orangtua harus memahami apa yang dilihat oleh anak-anaknya di internet. Mereka jangan sampai gagap teknologi dan tidak memahami bagaimana cara menggunakan dan memanfaatkan internet secara bijak,” katanya.
Sementara itu, keberadaan kader PKK yang telah memperoleh pembekalan materi ini diharapkan dapat meminimalisir dampak negatif dari penggunaan internet. Sekaligus dapat kembali melakukan sosialisasi secara lebih luas kepada masyarakat di Kota Depok.
“Jadi, melalui berbagai kegiatan rutin yang dilakukan PKK, mereka dapat menginformasikan kepada masyarakat. Sehingga, semakin banyak generasi bangsa yang terselamatkan dari pengaruh buruk dari hadirnya teknologi,” tandasnya.