DepokNews – Himpunan Mahasiswa Sebi Entrepreneur Community (SEC) kembali menyelenggarakan agenda tahunannya yaitu EBC (Entrepreneur Boot Camp) 2019 mengangkat tema “Melatih Jiwa Entrepreneurship dan Memanfaatkan Teknologi Digital di Era 4.0”. Entrepreneur Bootcamp merupakan suatu kegiatan pembelajaran dengan memberikan training skiil yang dibutuhkan oleh seorang entrepreneur dalam bentuk teori serta praktek pengaplikasiannya dari berbagai praktisi Bisnis yang mumpuni di bidangnya. Output dari kegiatan ini adalah terbentuknya karakter seorang pengusaha yang sukses dan juga islami, serta memiliki kemampuan dalam bersaing di Era industry 4.0.

Acara diselenggarakan di Serua Green Village, Depok (14-15/12) dengan total jumlah peserta 103 mahasiswa jurusan Manajemen Bisnis Syariah. Menariknya dalam kegiatan ini, empat pembicara yang hadir merupakan orang-orang yang luar biasa dalam bidangnya, memberikan motivasi-motivasi dalam berbisnis serta bagaimana strategi dalam menjalankan suatu usaha dengan baik. Pertama, R.Agoeng Hardianto Wibowo (President of Exzellent Institut), Kedua, Febria Fajri (Senior Trainer PT. ABCo Sugesti Motivatindo) ketiga, Ananto Pratikno ( Leadership-Digital Marketer ) Dan terakhir, Nining Nur Farida (Trainer si APIK Fokus UMKM Jakarta).

Febriya Fajri, MNLP,CHT menjelaskan bahwa dalam memulai bisnis kita perlu membangun mindset berfikir yang positif. Dengan kita selalu berfikir hal-hal yang positif maka akan mendekatkan hal-hal yang baik, karena mindset akan mempengaruhi apa yang kita lakukan (tindakan). Dan binis itu bukan untuk mengalahkan orang lain tetapi untuk ibadah sehingga dapat memberdayakan muslim-muslim yang lain serta jelilah dalam melihat peluang bisnis.
Dalam penjelasan materi Digital Marketing, Ananto pratikno memberi cara-cara bagaimana kita dalam meningkatkan nama brand kita yaitu, dengan sering menguploud atau memposting produk kita minimal 3 kali dalam sehari, disertai dengan content yang menarik, Gunakan hastag (#) yang berkaitan dengan produk kita, dan gunakan video untuk mempromosikan produk agar lebih menarik lagi.

“Entrepreneurship yang kuat dapat mendorong peningkatan standart hidup” ujar R.Ageong Hardianto. Dalam menjalan suatu bisnis, maka butuh setrategi yang baik. Strategi tersebut dapat dibuat dalam bentuk Business Model Canvas (BMC). Selain cocok sebagai strategi bisnis, BMC juga sangat berguna untuk meyakinkan investor.