Energy Fair 2017

Posted on 5 views

Depoknews — Jakarta, 30 Januari 2017 – Pada tanggal 30 Januari 2017, PT Schneider Electric Indonesia bekerjasama dengan Schneider Electric Campus Ambassador 2016 untuk Universitas Atma Jaya, Schneider Electric Campus Ambassador 2016 untuk Universitas Indonesia, beserta Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Universitas Atma Jaya telah menyelenggarakan acara ENERGY FAIR 2017 di Hall C Kampus Universitas Atma Jaya, Jalan Jenderal Sudirman 51, Jakarta. Acara ENERGY FAIR 2017 dimulai dari pukul 08:00 WIB dan berakhir pada pukul 17:00 WIB.

Acara ini dibuat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, khususnya kalangan anak muda dan mahasiswa di ibukota, mengenai pola hidup hemat energi. Seperti yang telah banyak diberitakan, apabila manusia tidak merubah pola hidupnya, bukan tidak mungkin di masa yang akan datang sumber energi tidak terbarukan, yang merupakan tulang punggung dari sumber energi yang digunakan sekarang, akan habis sama sekali. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, manusia harus berupaya untuk tidak boros terhadap penggunaan energi. “Hal itu dapat diwujudkan dengan hal sederhana yang mampu dilakukan setiap individu, sesederhana mematikan lampu apabila sudah tidak digunakan, dan mencabut adaptor charger apabila sedang tidak mengisi baterai telepon genggam”, kata Felicia Alvina, selaku ketua acara ENERGY FAIR 2017 sekaligus Schneider Electric Campus Ambassador untuk Universitas Atma Jaya 2016.

Pada ENERGY FAIR 2017, edukasi terhadap pola hidup hemat energi dilakukan melalui kegiatan games. Ada dua games, yaitu One Action, dan Bottle Ring Toss. Pada game One Action, ada tumpukan kaleng yang disusun, setiap kaleng dinamai hal-hal yang dapat menyebabkan pemborosan energi, contohnya tidak mematikan lampu rumah saat bepergian. Pengunjung dapat berpartisipasi dalam game tersebut dengan melemparkan bola tenis ke arah kaleng-kaleng tersebut, sebagai simbol bahwa sesedikit apapun langkah penghematan yang dilakukan, akan sangat berarti bagi masa depan dunia. Lalu, pada game Bottle Ring Toss, beberapa botol kaca dijajarkan, dan tugas pengunjung adalah memasukkan cincin dengan melemparkan dalam jarak tertentu ke leher botol tersebut. Setiap botol dinamai dengan aksi sederhana yang dapat dilakukan semua orang untuk menghemat energi, contohnya menggunakan lampu hemat energi daripada lampu pijar. Dalam setiap game, terdapat hadiah menarik yang diperebutkan oleh peserta, antara lain adalah pengeras suara portabel dan juga mouse.  ENERGY FAIR 2017 juga bekerja sama dengan Greenpeace. Greenpeace mendemonstrasikan panel surya sederhana yang mereka buat, sebagai langkah nyata untuk menghemat energi, dan menunjukkan bahwa panel tersebut dapat dibuat oleh hampir setiap orang.

Acara ini didukung juga oleh Depok News, RTC UI FM, dan TV UI sebagai media partner.