DepokNews – Warga Beji yang mengalami gejala Covid-19 bisa menggunakan layanan swab tes gratis di Puskesmas. Mereka dapat melakukan pengambilan spesimen ini di empat tempat, yaitu Puskesmas Beji, Puskesmas Kemiri Muka, Puskesmas Tanah Baru dan Puskesmas Depok Utara.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Beji, Yuliani mengatakan, Kecamatan Beji memiliki empat Puskesmas di bawah naungannya. Dalam seminggu, pihaknya menjadwalkan pelaksanaan swab tes di puskesmas-puskesmas tersebut.

“Hari Senin pelaksanaan swab tes di Puskesmas Kemiri Muka, Selasa pelaksanaan swab tes di Puskesmas Tanah Baru. Lalu, Rabu di Puskesmas Beji dan Depok Utara, Kamis di Puskesmas Tanah Baru, Jumat di Puskesmas Kemiri Muka dan Sabtu di Puskesmas Depok Utara dan Beji,” katanya, Jumat (09/04/21). 

Dikatakannya, swab tes masif dilakukan untuk mempercepat penanganan penyebaran Covid-19. Agar jika ada warga yang terkonfirmasi positif bisa segera diberikan penanganan maupun isolasi.

“Saya imbau warga Beji yang ada gejala batuk, demam tinggi, pernapasan sesak, anosmia atau hilang indra penciuman atau berkontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif untuk segara melapor ke puskesmas tersebut,” tuturnya.

Menurut Yuliana, untuk mencegah penularan Covid-19 contact tracking menjadi salah satu cara untuk mengendalikan wabah ini. Setelah itu, pihak puskesmas akan langsung melakukan tes, jika hasilnya positif maka harus melakukan isolasi diri.

“Beberapa hari lagi sudah memasuki Ramadan, pelayanan puskesmas akan tetap maksimal 24 jam. Pelaksanaan swab dan vaksin akan tetap dilakukan meski puasa,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)