Elly Farida : Ciptakan SDM Unggul Melalui Keluarga

Posted on 4 views

DepokNews- Ketua TP PKK Kota Depok Elly Farida mengatakan jika kemajuan suatu daerah, turut dipengaruhi juga oleh masyarakatnya dalam melaksanakan pembangunan. Jumlah penduduk yang banyak jika tidak diimbangi dengan SDM yang berkualitas, maka akan menjadi beban dalam pembangunan.

“Untuk itu, kualitas SDM juga merupakan suatu hal yang perlu diperhatikan secara khusus,” ujar istri Walikota Depok Mohammad Idris ini.

Guna mewujudkan SDM yang berkualitas, sambung Elly, maka diperlukan upaya-upaya membangun ketahanan keluarga yang tangguh dan mandiri. Sebab, dari lingkup terkecil tersebut nantinya diharapkan terbentuk SDM yang berdaya saing tinggi dan andal.

“Berawal dari keluarga, bagaimana mereka bisa membentuk anak yang sehat dan juga memiliki kepribadian yang tangguh,” jabarnya.

Dirinya menambahkan mewujudkan SDM berkualitas harus dilakukan sejak dini. Berupa perencanaan perencanaan matang saat hendak berkeluarga ataupun saat sudah berkeluarga. Perencanaan-perencanaan tersebut penting, karena menjadi faktor terbentuknya generasi sehat dan berkualitas bagi bangsa, dengan begitu pembangunan akan lebih mudah jika memiliki SDM yang berkualitas.

“Misal dari ibu mengandung, asupan gizi harus diperhatikan, selain itu tumbuh kembang anak saat remaja dan pendidikan yang diberikan kepada sang anak juga harus diperhatikan. Mewujudkan SDM  berkualitas harus dilakukan sejak dini bahkan dapat dilakukan sejak dalam kandungan,”terangnya.

Dirinya yang juga ketua Forum Keluarga Harmonis (FKH) ini mengatakan bahwa remaja juga menjadi salah satu target dalam hal ini. Mereka harus punya planning dan juga menyiapkan diri, karena mereka adalah calon ibu dan ayah. Jangan sampai mereka belum siap, sehingga keluarga mereka berjalan tidak harmonis yang juga berakibat buruknya tumbuh kembang anak-anaknya.

“Bicara mengenai ketahanan keluarga, ini merupakan lingkaran. Keluarga yang berkualitas tentunya akan menciptakan anak yang berkualiatas, yang nantinya anak tersebut juga akan menikah dan berkeluarga,” pungkasnya.(mia)