DepokNews–Pada Sabtu, 3 Agustus 2019 kemarin, ada acara menarik di Taman Lembah Gurame. Ada pameran karya, permainan dan kompetisi skateboard digelar di hari itu dari pagi hingga sore hari. Acara yang digelar di ruang publik kota Depok ini merupakan acara kolaboratif lintas komunitas hobi dan dukungan (support group) yaitu: Depok Letters, komunitas menggambar huruf; Depok Skateboarding, komunitas pengemar skateboard; dan Kata Djiwa, komunitas dukungan untuk kesehatan mental.

Acara yang diberi judul “Ekspresi untuk Merdeka” ini berupaya mengeksplorasi ruang publik sebagai katalis antara warga kota, ekspresi kreatif dan kesehatan mental. Acara tersebut juga bagian dari usaha komunitas urban kota Depok untuk merayakan bulan merdekanya Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari karya-karya-karya visual lettering yang dipajang dilokasi acara tersebut yang bertemakan seputar nasionalisme dan semangat untuk membangun Indonesia lebih baik lagi. Yang unik adalah ada karya yang dilukis bukan diatas kertas atau kanvas melainkan diatas papan skateboard.

Di area lapangan futsal juga riuh karena diselenggarakan kompetisi skateboard yang mencakup beragam usia dari anak-anak hingga dewasa. Di area tribun, tidak ketinggalan komunitas Kata Djiwa mengajak peserta untuk bermain card games yang dikaitkan dengan kesehatan mental. Dari pagi hingga sore hari, kita bisa melihat para peserta maupun pengunjung silih berganti berdatangan ke racara ini. Peserta yang hadir dari berbagai kalangan ada dari komunitas-komunitas di kota Depok, pelajar dan mahasiswa, bahkan dari kalangan masyarakat sekitar yang tertarik untuk hadir dan melihat kegiatan.

Kesehatan Mental dan Hobi

Seminggu sebelumnya, Sabtu 27 Juli 2019, diadakan pre-event sebagai pemanasan. Acara ini bertempat di Kafe Setapak Rasa dan kegiatannya berupa talkshow dan workshop lettering. Sesi talkshow mengangkat tema “Kesehatan Mental dan Hobby: Seberapa Penting?” yang membahas mengenai penyaluran hobi sebagai media ekspresi diri melalui aktivitas di ruang publik dapat berdampak baik terhadap kesehatan mental tiap individu. Sementara pada sesi workshop lettering, ada live drawing dan peserta diberi kesempatan untuk membuat karya artwork on paper. Bagi yang berani berkesplorasi disediakan papan skateboard untuk menuangkan visualisasi idenya di medium tersebut. Karya diatas papan ini-lah yang dipajang di Taman Lembah Gurame pada acara utama yang disebutkan diatas tadi.

Ekspresi Untuk Merdeka merupakan salah satu rangkaian program Ruang Publik Bersama (RPB), suatu program yang bertujuan untuk membangun kesadaran para pemangku kepentingan kota untuk mewujudkan ruang publik yang inklusif, bisa dinikmati oleh beragam kalangan warga kota. Dalam program ini belasan komunitas ditantang untuk menunjukkan kreativitas dalam mengaktivasi ruang publik yang mampu melibatkan partisipasi dari warga kota lain yang tergolong minoritas dan kurang terperhatikan oleh pengambil kebijakan pembangunan kota.

===

Ditulis oleh: Tim Ruang Publik Bersama. Ruang Publik Bersama adalah program yang berupaya untuk mewujudkan ruang publik yang inklusif untuk beragam kalangan. Program ini diinisiasi oleh Code Margonda dan melibatkan belasan komunitas serta pemerintah Kota Depok. Untuk informasi seputar ruang publik di Kota Depok dan kegiatan seru lainnya silahkan mengikuti akun Instagram @ruangpublikbersama.