DepokNews–Sekolah Dasar Negeri 8 Beji Terus menggaungkan kegiatan esktrakurikuler salah satunya ekstrakurikuler seni dan tari tradisional.

Kepala SD Beji 8 Sripangestu kepada wartawan Sederhana mengatakan  keberadaan ekstrakurikuker (ekskul) tari di sekolahnya jadi sarana tepat bagi siswa salurkan bakat, ide dan kreasi mereka.

“Adanya ekskul ini, membuat mereka (siswa) bisa mengekspresikan diri mereka ke hal yang positif. Karena tujuan ekskul semacam ini memang dibuat guna mencegah siswa menggunakan energinya untuk hal negatif,” katanya.

Hal ini diyakininya pula bakal menjadikan siswa betah di sekolah. Energi, pikiran siswa, tersalurkan untuk hal-hal positif.

“Kegiatan ektrakurikuler disini yang paling menonjol adalah seni tari, disini anak-anak sejak kelas  sebelas terutama siswi kita wajibkan mengikuti ekstrakurikuler ini,”katanya.

Dalam perkembangannya, ekskul inipun terbilang cukup menjanjikan. Eksistensinya, membuat siswa kerap diundang untuk tampil di berbagai event-event bergengsi.

“Saat perlombaan di Kecamatan Beji siswa kami mendapatkan istimewa dimana tampil memukau didepan dan menyambut kedatangan Bapak Walikota Depok Mohammad Idris”katanya.

Dari mengikuti ekskul seni tari ini manfaat yang didapatkan siswa menjadi jauh lebih luas.

Mendalami dan menjaga budaya daerah, khususnya seni budaya tari, sekaligus.

“Karena itu pula, orientasi yang kami bangun di ekskul ini sekarang lebih luas. Membangun prestasi, merawat budaya bangsa, sekaligus memberikan kesempatan ekonomis bagi siswa lewat kemampuan profesionalnya,”katanya.

Sri menambahkan, pogram ini merupakan pedoman bagi Pembina ekstrakurikuler, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar sesuai dengan aturan yang berlaku

Program ini dapat pula berfungsi sebagai bahan informasi serta masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pemantauan terhadap kegiatan ekstrakurikuler.

Menurutnya, saat pertama kali ekstrakurikuler tari dibuka juga dilatarbelakangi kepedulian untuk menggali kembali dan melestarikan kekayaan budaya lokal terutama jenis tari –tarian.

Sebab melalui kegiatan ektrakurikuler seni tari tersebutlah, pihaknya kembali lebih mendekatkan tarian dan membantu pemerintah dalam melestarikan budaya lokal.

Dia berharap siswa yang mengikuti ekskul seni tari ini terus berlatih sehingga bisa tampil di kancah nasional, internasional sehingga bisa mengharumkan nama SD Beji 8 dan kota Depok.