Edukasi Masyarakat, Redaksi Depoknews Gelar Diskusi Tentang Hoax dan Keseimbangan Berita

DepokNews– Redaksi Depoknews menggelar kegiatan diskusi publik dengan tema “Peran Jurnalis Dalam Menangkal Berita Hoaks dan Pemberitaan Yang Objektif di Pilakada Depok”. Diskusi tersebut menghadirkan nara sumber dari berbagai lembaga diantaranya, Polres Metro Depok, Bawaslu Depok, KPU Kota Depok, dan Wartawan Senior, turut menjadi nara sumber Pimpinan Redaksi depoknews.id, Firtra Ratory.

Kegiatan ini berlangsung di Kaffe JPW GDC. Rabu (5/2/2020). Diskusi ini dihadiri lebih kurang 70 peserta dari berbagai elemen masyarakat, pelajar, mahasiswa, pemuda dan elemen masyarakat lainnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Sidik Mulyono berharap yang hadir dan membrikan sambutan mengatakan, media harus berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat dalam menghadapi Pilkada Kota Depok tahun 2020.

“Kita tahu fungsi media, selain memberikan informasi, hiburan, juga merupakan sebagai alat kontrol dan juga memberikan edukasi kepada masyarakat, dan tentunya di dalam pagelaran Pilkada nanti kami sangat berharap sekali media betul betul melaksanakan fungsinya semuanya ya,” kata Sidik

Disamping itu, Sidik menyampaikan agar media nantinya memberikan informasi yang jelas tentang para calon, supaya para calon pemilih juga bisa memiliki suatu pemahaman yang jelas.

“Jadi pemilih tidak asal milih nomor (kandidat), sehingga apa, nanti mereka semua bisa berkontribusi nanti kedepannya, karena merasa memiliki dan merasa punya tanggung jawab juga,” katanya.

Lebih lanjut, Sidik juga meminta masyarakat agar lebih jeli dalam memilah berita dan jangan langsung di share sebelum memahami isinya.

Menurut Sidik berita yang diterima belum tentu menguntungkan bagi kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Jadi tidak semua berita yang kita teruskan itu bisa menguntungkan bagi NKRI, makanya ini menjadi pertimbangan, suatu berita walaupun itu memang sehati dengan kita satu pilihan dengan kita, belum tentu itu bisa menguntungkan bagi NKRI,” pungkasnya.

Sementara itu Pimpinan Redaksi depoknews.id yang juga sebagai salah satu nara sumber dalam kegiatan tersebut, Firtra Ratory mengatakan kegiatan ini sebagai upaya memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya hoax.

“Ini upaya kami memberikan pendidikan ke masyarakat. Bahwa hoax adalah hal yang harus kita lawan karena sudah banyak kejadian baik konflik antara suku, keluarga, daerah akibat berita yang tidak benar,”ujar

Selain itu Firtra Ratory mengajak kepada masyarakat agar pandai memilah Inforomasi yang didapatkan. Sebab jika tidak maka akan berimbas kepada pribadi dan masyarakat.

” Mari kita bijak menelaah informasi apalagi nanti Pilkada Depok. Harus kita jaga bersama agar Depok menjadi kondusif,” pungkas Firtra Ratory.