DepokNews- Menggunakan produk lokal memiliki banyak manfaat, seperti dapat memberdayakan pengrajin dan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Hal tersebut diungkapkan Calon Wakil Wali Kota Depok Nomor Urut 2, Imam Budi Hartono.

Pendamping Mohammad Idris di Pilkada Depok 2020 ini pun mencontohkan membeli dan selalu menggunakan batik lokal.

IBH, sapaannya menerangkan, 2 Oktober 2009 atau 11 tahun yang lalu, batik ditetapkan sebagai daftar Intangible Cultural Heritage (ICH) UNESCO atau Warisan Budaya Takbenda (WBTb) pada sidang UNESCO di Abu Dhabi

“Penetapan itu merupakan yang ketiga kalinya bagi Indonesia setelah keris dan wayang yang terlebih dahulu masuk daftar ICH UNESCO,” kata IBH, Selasa (6/10).

Ia pun mengajak seluruh warga negara Indonesia, khususnya Kota Depok untuk bangga mengenakan Batik dan produk lokal lainnya. Sebab, memiliki banyak manfaat, baik untuk pengrajin, UMKM hingga negara.

“Banyak keunggulan atau manfaat dengan menggunakan produk dalam negeri. Produk lokal saat ini pun sudah keren-keren dan tidak kalah dari luar negeri,” tegasnya.

Alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FT UI) ini menguraikan, beberapa keunggulan yang didapat ketika kita mengunakan produk lokal seperti Batik, yakni meningkatkan pendapatan negara. Sebab, Dengan gencarnya dukungan terhadap brand lokal, pendapatan negara akan meningkat karena pertumbuhan produk lokal hingga melakukan ekspor ke luar negeri.

“Keuntungan hasil penjualan akan otomatis menjadi aliran pendapatan negara, begitu juga dengan sebaliknya, jika masyarakat terus-menerus membeli produk luar negeri maka importir tidak henti-hentinya memasok produk ke Indonesia sehingga yang terjadi adalah aliran pengeluaran dan menguntungkan luar negeri bukan negeri sendiri,” papar IBH.

Selain itu, dengan berkembangnya brand lokal Indonesia, para investor dari luar negeri akan tertarik untuk berinvestasi di Indonesia sehingga jumlah investasi di Indonesia akan bertambah, maka dampak lainnya yang akan terjadi adalah skala usaha dalam negeri yang menambah besar karena modal yang diterima dari investor luar negeri.

Dikarenakan perkembangan inilah yang akan menjadi titik dimana kualitas produksi meningkat dan berdampak pada daya saing produk itu sendiri terhadap produk luar negeri sehingga produk dalam negeri semakin mampu bersaing di luar negeri.

“Semua ini adalah bentuk keuntungan dari bagaimana aksi dukungan terhadap brand lokal dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.

Kemudian, dengan menggunakan produk lokal, Imam melanjutkan, dapat membuka lapangan pekerjaan bagi warga. Selanjutnya dapat mensejahterakan masyarakat, karena imbas dari adanya lapangan pekerjaan tadi.

“Yang tidak kalah penting adalah meningkatkan rasa nasionalisme. Jadi, banyak alasan untuk kamu bangga memakai Batik,” tutupnya.(mia)