DepokNews– SDIT Miftahul Ulum (SDIT MU) yang beralamat di Jl. Musholla At-Taqwa No.100, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok baru saja dinobatkan menjadi Sekolah Adiwiyata Provinsi bersama 15 sekolah se-kota Depok dan 144 sekolah se-provinsi Jawa Barat.

Untuk mendukung menjadi sekolah Adiwiyata melaju ke tingkat nasional, SDIT MU mengadakan berbagai kegiatan, salah satunya Car Free Day yang diadakan setiap hari Rabu.

Penanggung jawab program Sekolah Adiwiyata SDIT MU, Firza Ardiyanti N, SPd mengatakan, Car Free Day tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada para siswa manfaat jalan kaki bagi kesehatan, serta untuk mendukung sekolah Adiwiyata, sekolah yang peduli lingkungan, sehat, bersih serta lingkungan indah dan asri dengan banyak tanaman. Kegiatan ini juga untuk mengurangi polusi udara di lingkungan sekolah.

“Car Free Day ini sudah berjalan selama satu tahun, pada setiap hari Rabu dengan diikuti seluruh siswa dan para guru. Para siswa diminta berjalan kaki dari lokasi parker diluar area sekolah menuju dalam lingkungan sekolah yang berjarak lebih kurang 500 meter,” kata Firza Ardiyanti.

Firza Ardiyanti juga menjelaskan, untuk mengurangi sampah plastic para siswa juga diminta membawa tumbler sebagai tempat air minum dan misting sebagai tempat makan.

Untuk menjaga kebersihan lingkungan serta menjaga keasrian tanaman dilungkungan sekolah, SDIT MU juga akan mengadakan gerakan pilah sampah serta gerakan setiap siswa membawa air dari rumah untuk menyiram tanaman.


Firza Ardiyanti berharap dengan kegiatan-kegiatan tersebut anak-anak mempunyai kesadaran untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan sejak dini.