Warga RW 05, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji saat membuat lubang biopori di lingkungan RT 02, kemarin (26/05/21). (Foto: Diskominfo).

DepokNews – Warga RW 05, Kelurahan Pondok Cina, Kecamatan Beji membuat lubang biopori secara gotong royong. Pembuatan sarana resapan air ini, guna mendukung program 100.000 Lubang Resapan Biopori (LRB) yang dicanangkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Depok.

“Dalam rangka mendukung program ini, Kecamatan Beji menargetkan setiap RW sebanyak 80 titik dan setiap RT 20 titik. Pembuatannya dilakukan secara swadaya,” tutur Ketua RW 05, Ahmad Fauzi, Rabu (26/05/21).

Dikatakannya, saat ini di lingkungannya telah dibuat sebanyak 13 titik lubang biopori. Jumlah tersebut tersebar di empat RT.

“Alhamdulillah, di RW 05 ini pembuatannya sudah mencapai 30-40 persen.  Kita terus memberdayakan masyarakat semaksimal mungkin, agar target yang ditetapkan bisa tercapai,” terangnya.

Dia menambahkan, pembuatan lubang biopori memiliki banyak manfaat untuk lingkungan. Salah satunya sebagai sarana resapan air.

“Kita harapkan dengan pembuatan lubang biopori ini, resapan air lebih maksimal. Karena hampir seluruh Pondok Cina, daerah resapan airnya semakin sedikit,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id