DepokNews – Mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan, Balai Benih Ikan (BBI) Kota Depok, membagikan ratusan benih ikan ke masyarakat.

Kepala UPTD Balai Benih Ikan Kota Depok, M. Nur Hidayat mengatakan dalam setahun BBI menghasilkan sekitar 200 ribu bibit ikan konsumsi untuk disalurkan kepada masyarakat membutuhkan.

“Selain masyarakat yang membutuhkan, pembagian benih ikan juga ke kelompok pembudidayaikan yang ingin berbudidaya ikan,” ujarnya didampingi Presiden Media Sahabat Depok (MSD), Rahmat Tarmuji di kantor sekretariat daerah Kelurahan Duren Mekar, Kecamatan Bojongsari Kota Depok, Kamis (3/6/2021) siang.

Pembagian benih ikan konsumsi sebanyak 2.500 ekor terdiri dari ikan gurame, nila, dan tawas, kepada MSD, lanjut Hidayat, semoga dapat bermanfaat dan juga sebagai mendukung gerakan pemerintah dalam ketahanan pangan.

“Ikan yang ada nanti jika panen dapat berguna dan dimanfaatkan sebaik-baiknya. Terutama di masa pandemi, dapat menumbuhkan ekonomi mandiri yang lebih baik,” tambahnya.

Sementara itu untuk fasilitas di BBI, Hidayat menyebutkan penyediaan kelengkapan didukung APBD yaitu seperti penyediaan Nila dari penangkaran di Sukabumi oleh kementrian perikanan, Nila dari Wanayasa Purwakarta, dan gurame lokal dari daerah Ciseeng.

“Untuk tempat kita memiliki luas area 2 Hektare dan terdapat 60 kolam yaitu terdiri dari tanah, semi permanen, dan permanen. Untuk kolam tanah buat indukan, dan semi permanen untuk pemisahan,” tambahnya.

“Sekarang kita sedang pengembangan ikan hias jenis ikan cupang alam sebagai pilot project pemerintah. Lalu tahun ini kita fokus mengembangkan ikan jenis koi dan tetra yang lagi sangat dibutuhkan masyarakat.”

Terpisah Presiden MSD, Rahmat Tarmuji menambahkan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, khususnya UPTD Balai Benih Ikan (BBI) yang telah membantu menyalurkan benih ikan konsumsi sebanyak 2.500 ekor.

“Benih yang telah diberikan semoga dapat dikembangkan oleh para temen-temen wartawan yang juga mendukung penuh program pemerintah dalam ketahanan pangan di tengah masa pandemi sekarang ini,” tambahnya.

Mantan Wakil Ketua PWI Depok Periode 2018 – 2021 ini berharap bantuan yang ada ini menjadi stimulus bagi teman-teman wartawan untuk dapat mengisi kesibukan selain dalam menulis berita.