Dukung PJJ, Diskominfo Kota Depok Fasilitasi Wifi Gratis di 680 Titik

DepokNews- Dari total 1.200 target, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kota Depok sudah memasang wifi gratis di 680 titik. Program ini merupakan upaya Diskominfo Kota Depok untuk memfasilitasi dan mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang (Kabid) Aplikasi Informatika Diskominfo Kota Depok, Agus Maulana mengatakan bahwa diusahakan semua titik ini sudah dapat digunakan pada bulan November. Ia juga mengaku bahwa pihaknya sedang mengejar agar titik yang belum terpasang dapat segera diselesaikan.

“Sebelumnya ada 1.500 titik yang menjadi sasaran ketika diimtervensi melalui google form Oktober lalu. Namun setelah dilakukan penyortiran dan cleansing, hnaya terdapat 1.200 titik yang valid,” imbuh Agus, Kamis (05/11/2020).

Setelah itu, lanjut Agus, pihak penyedia telekomunikasi melakukan pemetaan dan survei pada titik yang diajukan. Apabila dirasa kurang mumpuni untuk dilakukan pemasangan jaringan, maka diminta agar mencari lokasi alternatif. Jika pihak RW setempat tidak memiliki lokasi alternatif juga, akan diupayakan untuk pengadaan utilitas pendukung lainnya.

“Kami juga menghadapi sejumlah kendala dalam pemasangan wifi gratis. Mulai dari infrastruktur layanan yang belum tersedia di wilayah tersebut, hingga masih banyak masyarakat yang khawatir fasilitas ini berbayar,” ujarnya.

Terakhir, Agus menjelaskan bahwa program wifi gratis ini ditanggung oleh pemerintah dalam mendukung program PJJ dan diprioritaskan bagi warga kurang mampu yang membutuhkan pendidikan. Jadi, menurutnya masyarakat tidak perlu khawatir.