Dukung Pendidikan, Zakat Sukses Launching SMA TERBUKA 3 Depok

Posted on 10 views

DepokNews — Sesuai dengan peraturan pendidikan yang dicanangkan oleh Pemerintah dalam mendukunga pendidikan, bahwa tidak boleh ada anak bangsa yang tidak sekolah. Hal itu menjadi salah satu langkah dan motivasi Zakat Sukses untuk melaunching SMA Terbuka dengan induk SMAN 3 Depok. Pelaunchingan atau pembukaan SMATER 3 Depok dilaksanakan Kamis (7/9/2017) di Kantor Zakat Sukses.

Pada kesempatan itu Direktur Zakat Sukses, Sunarto Zulkifli mengatakan SMATER 3 Depok ini merupakan program kedua mengenai sekolah terbuka di Depok.

“Sebelumnya ada sekitar 200 siswa di sekilah SMATER 5 Depok dengan induk sekolah SMAN 5 Depok dengan fasilitas tempat di wilayah Cinangka, Sawangan.  Alhamdulillah, sekarang kami mendirikan SMATER kembali dengan induk sekolah SMAN 3 Depok,” ujarnya saat diwawancarai oleh awakdepoknews.id .

Di SMATER 3 Depok, baru ada sekitar 18 murid yang terdaftar. Namun, lanjutnya, mudah-mudahan akan ada banyak murid lainnya yang mendaftar di SMATER 3 Depok. Sementara itu, fasilitas tempat belajar mengajar akan bertempat di kantor Zakat Sukses di lantai dua.

Dirinya mengaku, mendirikan sekolah terbuka bukan hanya sekadar membantu program pemerintah untuk tidak ada yang tidak sekolah. Akan tetapi, pihak Zakat Sukses mendirikan sekolah terbuka tersebut untuk membantu masyarakat yang ingin sekolah tetapi terhambat dengan segala hal, salah satunya adalah biaya.

“Kita tahu, sekolah negeri kan terbatas atau tidak dapat menampung banyak murid. Jadi, mereka yang tidak bisa masuk ke sekolah negeri tetapi ingin melanjutkan sekolah walaupun terkendala dengan biaya, di sini kami memberikan wadah untuk mereka,” kata bapak dengan nama akrab Zul ini.

Sementara itu, di SMATER ini bukan hanya sekadar diajarkan teori-teori saja. Akan tetapi, SMATER sebenarnya diadakan untuk melatih mereka agar memiliki keterampilan atau life skills.

“Kan yang sekolah di SMATER bukan hanya anak-anak biasa saja. Tetapi ada beberapa dari mereka yang karyawan atau sebagai pegawai. Nah, di sini kami mengajarkan mereka tentang keterampilan lainnya agar mereka juga bisa berwirausaha dengan ilmu yang didapatkan di sekolah ini,” tambahnya.

Terlepas dari itu, sekolah terbuka ini juga memiliki jam sekolah reguler. Jam reguler sekolah ini sendiri pada hari kamis dan jumat dimulai dari pagi hingga sore hari. Di luar hari itu mereka belajar di tempat bekerjanya masing-masing.

“Selain itu, di antara mereka ini kan masih ada yang bekerja, untuk jam belajar mereka lebih banyak belajar di luar bukan di kelas. Jadi untuk absen itu sendiri akan kami kirimkan ke tempat kerjanya. Meskipun mereka bekerja tetap kami monitoring,” imbuhnya.

Terakhir, dirinya berharap agar murid-murid SMATER 3 Depok ini dapat belajar lebih giat lagi. Semoga dapat memberikan hasil yang terbaik dan semua ilmu yang diberikan dapat bermanfaat nantinya. (Meida)