DepokNews–Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Depok Cimanggis dan Sawangan bekerjasama dengan Universitas Gunadarma serta, PT Telkom dan beberapa lembaga lainnya mengadakan Festival UMKM sekaligus launching program Business Development Services untuk para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor KPP Pratama Cimanggis, Jalan Pemuda Kota Depok pada Senin, (11/2/2019).

Festival UMKM Kota Depok ini berlangsung meriah dengan diikuti 60 peserta yang menggelar aneka produk UMKM, seperti kuliner, produk hasil pertanian, kerajinan tangan, fashion dan produk-produk lainnnya. Festival UMKM ini akan berlangsung dua hari, Senin dan Selasa (11/2 s/d 12/2/2019).

Kepala Kantor KPP Pratama Depok Cimanggis, Deni Hendana mengatakan, program tersebut untuk membantu pelaku UMKM di Kota Depok untuk maju dan berkembang. “Dengan program ini kami berharap bisa membantu UMKM untuk meningkatkan usahanya agar lebih maju,” kata Deni Hendana.

Hal senada dikatakan Kepala Kantor KPP Pratama Depok Sawangan Mamik Eko Soessanto yang mengatakan, pelaku UMKM adalah wajib pajak masa depan yang harus dibina agar terus bisa berkembang untuk bisa berperan aktif dalam pembangunan.

“Dengan Festival ini para pelaku usaha UMKM bisa memperkenalkan produk-produknya dan saling bersinergi untuk memajukan Indonesia,” kata Mamik Eko Soessanto.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Didin Mukodim mewakili Rektor Universitas Gunadarma, Perguruan Tinggi yang membina pelaku usaha UMKM di Kota Depok mengatakan, Universitas Gunadarma selalu konsen mendukung kemajuan UMKM dengan berbagai program pelatihan.

“Universitas gunadarma sudah memberikan berbagai pelatihan untuk ikut memajukan UMKM, bukan hanya di Depok namun juga diwilayah lain karena kampus Gunadarma juga ada di beberapa wilayah lain seperti di Kota Bekasi,” kata Prof. Dr. H. Didin Mukodim.

Dijelaskan Prof. Dr. H. Didin Mukodim, beberapa jenis pelatihan tersebut antara lain, latihan pembuatan website, pengemasan produk, pembukuan dan berbagai latihan lainnya termasuk manajemen usaha. Disamping memberikan pelatihan menurut Prof. Dr. H. Didin Mukodim, Universitas Gunadarma juga memberikan edukasi tentang pajak kepada para pelaku UMKM.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan yang menyebut pelaku usaha UMKM adalah para pejuang ekonomi. “Kami menyebut UMKM adalah pejuang, pejuang ekonomi yang punya kontribusi besar untuk memajukan perekonomian sehingga keberadaanya harus mendapat dukungan berbagai pihak agar terus maju dan berkembang,” kata Fitriawan.