Dukung Kemajuan UMKM Depok, Universitas Gunadarma Gelar Seminar Penerapan Teknologi Tepat Guna

Posted on 933 views

DepokNews–Program Studi Teknik Mesin, Sistem Komputer dan Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gunadarma bekerjasama mengadakan seminar dengan tema PERAN PERGURUAN TINGGI DALAM PENERAPAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA UNTUK MENINGKATKAN KEGIATAN USAHA MASYARAKAT.

Kegiatan tersebut berlangsung di Auditorium D462  Gedung 4 Lantai 6 Kampus D
Universitas Gunadarma  Jl. Margonda Raya 100 Pondocina Depok, Kamis (20/9/2018) dengan menghadirkan nara sumber:

1.H. Ivan Syahri Rangkuti, SE.,MSi,  Kepala Sub Direktorat Pengembangan Akses Informasi Masyarakat, Kementerian Desa PDTT.

2.Dra. Erry Sriyanti, MPd, Plt Kepala Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Kota Depok.

3.Dr. Ir. Budiman, Kepala Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Gunadarma.

Acara ini diikuti ratusan peserta para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Depok, para Kepala Sekolah SMK di Kota Depok serta para undangan lainnya.

Ketua Pelaksana Dr. RR. Sri Poernomo Sari, ST.,MT mengatakan, kegiatan tersebut salah satu bentuk pengabdian Universitas Gunadarma kepada masyarakat dalam mendukung kemajuan pelaku usaha, khususnya pelaku UMKM di Kota Depok.

“Kegiatan seminar ini rutin kita laksanakan sebagai salah satu program pengabdian masyarakat. Universitas Gunadarma membina komunitas rumah jagung, sebagai salah satu kelompok usaha kuliner di Kota Depok, kami mendampinginya sudah empat tahun. Dalam pendampingan kami sampai mengajukan hibah ke Ristek Dikti. Hibah yang kami dapatkan berupa pembuatan website kuliner Kota Depok dan laptop, supaya kuliner Kota Depok bisa dipasarkan secara online ke seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai luar negeri. Kami juga memberikan peralatan tepat guna yang akan mendukung usaha kuliner, atau usaha lainnya yang dilakukan oleh UMKM Kota Depok,” jelas Sri Poernomo Sari.

Seminar tersebut juga dihadiri oleh Rektor Universitas Gunadarma ‎Prof. Dr. E.S. Margianti, S.E. M.M. Dalam sambutannya, orang nomor satu di Universitas Gunadarma tersebut menyatakan komitmennya untuk secara bersama-sama mendukung kemajuan pelaku UMKM di Kota Depok.

“Mari kita bergandengan tangan untuk maju bersama. Saya bangga dengan hasil kuliner rumah jagung, saya sudah mencicipi dan rasanya lezat. Semoga bisa terus ditingkatkan baik dari segi produknya maupun pemasarannya,” katanya.

Seminar ini juga dihadiri oleh Sekretaris Lembaga Layanan Dikti (LL Dikti), Dr. M.Samsuri yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut. Dalam sambutannya ia memberikan apresiasi kepada Universitas Gunadarma yang telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang manfaatnya dirasakan oleh masyarakat.

“Melalui kegiatan ini, para pelaku UMKM bisa memperoleh ilmu untuk meningkatkan kulitas dan kuantitas produksi dan membentuk jaringan usaha atau networking,” kata Dr. M.Samsuri.

Pada seminar ini juga sekaligus di launcing website kuliner Kota Depok yaitu, www.e-kuliner-rumahjagung.com yang dilakukan oleh Dosen Universitas Gunadarma, Dr. Nur Sultan Salahuddin, S.KOm.,MT.

Dalam website tersebut ditampilkan aneka produk kuliner Kota Depok, sehingga masyarakat luas bisa secara mudah untuk mengetahui aneka produk kuliner dan bisa berbelanja secara online.

Saat peluncuran website, Dr. Nur Sultan Salahuddin juga menampilkan video cara kerja mesin perontok dan penggiling jagung,yang akan mendukung kemjuan kuliner Kota Depok yang dibina Universitas Gunadarama.

Pada kegiatan inti seminar tersebut, para nara sumber menyampaikan berbagai materi dan motivasi terkait dengan usaha kuliner dan usaha lainnya.