Dukung Kemajuan Pelaku UMKM, DKUM Depok Adakan Pelatihan Manajemen

Posted on 11 views

DepokNews — Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) terus berupaya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berkembang dan mendongkrak perekonomian. Salah satu upaya tersebut menggelar Pelatihan manajemen keuangan, pemasaran, serta Sumber Daya Manusia (SDM).

Para peserta serius mengikuti pelatihan

Pelatihan tersebut digelar sejak 15-17 di Cipanas, Bogor, ini membuat pelaku usaha optimis dapat memasarkan produknya lebih maksimal, sehingga omzet UMKM makin meningkat.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan akan memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha UMKM. “Kegiatan ini mempunyai tujuan, sasaran dan manfaat yang jelas untuk mendukung perkembangan usaha UMKM Kota Depok,” kata Fitriawan.

Adapun tujuan tersebut antara lain :
a. Meningkatkan pemahaman pelaku usaha mikro tentang management keuangan, pemasaran dan SDM.
b. Pelaku usaha mikro mampu melakukan pembukuan usaha secara sederhana.
c. Pelaku usaha mikro dapat memasarkan usahanya dengan efektif dengan memanfaatkan berbagai media

Sebanyak 75 peserta yang mengikuti pelatihan ini dengan antusias menyimak materi para nara sumber. Mereka merasakan manfaat dari pelatihan tersebut seperti yang dikatakan Saefuddin, yang punya usaha batik sukma.
“Pelatihan ini penting buat kami pelaku usaha untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan keuangan, pemasaran dan sdm supaya usaha mikro ini bisa naik kelas,” katanya.

Hal senada dikatakan Erna pelaku usaha produksi oleh-oleh yang menyatakan rasa syukur dan bahagia bisa mendapat ilmu dalam pelatihan tersebut.
“Saya senang dapat diundang menjadi peserta karena pelatihan ini, karena banyak manfaat yang bisa saya peroleh,” kata Erna.