Penyerahan Donasi di SMA Terbuka

DepokNews–Jakarta, Juli 2018, Sejalan dengan komitmennya untuk selalu mendukung ambisi generasi muda Indonesia, Tri salurkan sedekah pelanggan milenialnya  sebesar Rp 1 miliar yang terkumpul melalui program Ramadhan Berbagi Berkah bulan Juni lalu. Sedekah ini disalurkan melalui lembaga amil zakat Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Zakat Sukses untuk mendukung pemberdayaan pendidikan siswa marjinal dan yatim yang memiliki keinginan besar untuk bersekolah namun memiliki keterbatasan biaya maupun latar belakang sosial.

Penyerahan Donasi di SD Juara

Menurut data UNICEF tahun 2016 sebanyak 2,5 juta anak Indonesia tidak dapat menikmati pendidikan lanjutan yakni sebanyak 600 ribu anak usia sekolah dasar (SD) dan 1,9 juta anak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Begitupula data statistik yang dikeluarkan oleh BPS 2017, bahwa di tingkat provinsi dan kabupaten menunjukkan terdapat kelompok anak-anak tertentu yang terkena dampak paling rentan yang sebagian besar berasal dari keluarga miskin sehingga tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan Universitas Gadjah Mada, mengumumkan hasil penelitian Hasil Bantuan Siswa Miskin Endline di Sumatera Utara, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Selatan bahwasebanyak 47,3 persen responden menjawab tidak bersekolah lagi karena masalah biaya, kemudian 31 persen karena ingin membantu orang tua dengan bekerja. * Potret ini menjadi dorongan kuat bagi Tri Indonesia untuk ambil bagian dalam memberikan kesempatan lebih luas bagi anak bangsa untuk terus bersekolah.

Penyerahan donasi Dompet Duafa

“Kami bersyukur dan berterima kasih kepada para pelanggan milenial kami yang telah mempercayakan Tri menjadi saluran berkah bagi anak-anak marjinal yang selama ini terkendala untuk bersekolah . Kami yakin semakin besar kesatuan dan semangat kepeduliaan sosial dibangun, maka akan semakin banyak pula  membawa hal baik bagi bangsa ini. Kami juga sangat senang sekali bisa menjadi bagian dari gerakan memajukan pendidikan anak bangsa bersama Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Zakat Sukses,” ujar Dolly Susanto, Chief Commercial Officer Tri Indonesia.

Kerinduan untuk mengenyam pendidikan yang layak guna meningkatkan kesejahteraan hidup dialami oleh remaja putus sekolah. Mereka terpaksa tidak melanjutkan pendidikan karena hambatan geografis, sosial, ekonomi dan keterbatasan waktu. Yang patut disyukuri adalah ada anak muda usia 16-21 tahun yang bekerja di sektor non formal seperti asisten rumah tangga, pedagang asongan, buruh pabrik, buruh bangunan dan lain lain masih memiliki kesadaran besar bahwa pendidikan dapat meningkatkan kualitas dan kesejahteraan hidup mereka. Ditengah tuntutan kebutuhan ekonomi dan padatnya waktu kerja mereka masih menyempatkan diri untuk bersekolah 1-2 minggu sekali. Semangat mereka patut diapresiasi  Sebuah lembaga pendidikan kesetaraan binaan Zakat Sukses, SMA Terbuka 5 Depok memberikan sekolah gratis bagi mereka. Sedekah pelanggan dari Program Ramadhan Berbagi Berkah ini memberikan manfaat besar bagi siswa sekolah ini dan ratusan remaja putus sekolah lainnya yang memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikanya. Mereka berkesempatan untuk mendapatkan ijasah SMA untuk bekerja dengan pengahasilan lebih baik bahkan kesempatan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan tinggi. “Mereka adalah bagian dari anak bangsa yang punya hak untuk meraih pendidikan dan mendapatkan kehidupan yang lebih banyak lagi. Kami bersyukur atas partisipasi dari Tri Indonesia untuk mendukung semangat dan ambisi mereka untuk kembali bersekolah dan meningkatkan kesejahteraan hidupnya,” ujar Sunarto Zulkifli, Direktur Zakat Sukses.

Setiap anak punya hak untuk mendapatkan pendidikan dan menunjukkan prestasinya,namun kemiskinan menjadi kendala besar untuk anak-anak bersekolah. Ari lukmana adalah siswa kelas 6 SD Juara jakarta selatan, anak yatim piatu yang terakhir ditinggalkan  ayahnya  2 tahun lalu  saat ini Ari tinggal bersama neneknya yang usahanya hanya menjual minuman dan rokok gerobak  di Ragunan. Penghasilan neneknya tidak memungkinkan untuk Ari bersekolah dan memenuhi kebutuhan sehari-hari, hingga sang nenek memasukkan cucunya ke SD Juara binaan Rumah Zakat yang tidak memungut biaya sekolah sepersenpun. Bahkan seragam dan alat sekolah difasilitasi oleh sekolah ini. Ari dan 2.245 siswa dhuafa lainnya adalah anak-anak yang menikmati manfaat sedekah pelanggan milenial Tri yang disalurkan melalui program Senyum Juara Rumah Zakat yang menjangkau 19 sekolah juara di 14 kota terdiri dari 1 PAUD, 15 Sekolah Dasar, 2 Sekolah Menengah Pertama dan 1 Sekolah Menengah Kejuruan. “Kami bersyukur sedekah Milenial Tri ini dapat menambah senyum siswa dhuafa dan yatim yang punya mimpi dan semangat besar menjadi juara. Mereka dapat tetap bersekolah tanpa terkendala dengan keterbatasan yang mereka miliki, semoga program ini memberikan inspirasi ke banyak pihak untuk ikut berpartisipasi memajukan pendidikan anak Indonesia,” ujar Nur Effendi, CEO Rumah Zakat.

Memasuki tahun ajaran baru, tidak semua anak bisa dengan mudah memiliki peralatan pendukung untuk bersekolah. Untuk mengeluarkan biaya sekolah saja bagi sebagian kaum marjinal sudah menjadi kendala besar bagi para orang tua. Tri bersama Dompet Dhuafa melalui program Parcel Pendidikan Dompet Dhuafa membagikan 900 paket yang berisi tas, buku, dan perlengkapan sekolah sebagai kebutuhan utama di tahun ajaran baru ini. Paket ini disebarkan ke 3 kota yaitu Lampung, Purwokerto dan Makassar. “Kembali ke sekolah dan dilengkapi dengan peralatan sekolah untuk kegiatan belajar merupakan impian sederhana seorang siswa. Parcel Pendidikan Dompet Dhuafa dari Tri Indonesia sangat membantu untuk menjawab impian anak-anak Indonesia untuk bersekolah. Kami ucapkan terima kasih atas kemitraan ini, semoga dapat terus berkelanjutan,” Ujar Bambang Suherman, Resources Mobilization Director Dompet Dhuafa.

Program Ramadhan Berbagi Berkah merupakan program yang memungkinkan millenials untuk membeli paket internet yang dirancang khusus dengan menggabungkan gaya hidup digital Islami dan  keutamaan menyalurkan sedekah melalui Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan Zakat Sukses sebagai lembaga-lembaga amal terpercaya.  Tri percaya bahwa pendidikan adalah hak semua anak Indonesia yang ingin wujudkan ambisi dalam hidupnya. Program Ramadhan Berkah, adalah medium bagi anak muda Indonesia untuk bersatu dan peduli meningkatkan pemberdayaan generasi muda demi masa depan yang lebih baik lagi. Inilah semangat yang ingin ditularkan Tri ke semua anak muda di Indonesia.