DepokNews–Untuk mempermudah proses pembuatan dan pencetakan administrasi kependudukan, Disdukcapil Kota Depok meluncurkan Dua mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok, Nuraeni Widayatti mengatakan dua ADM tersebut akan di tempatkan di pusat perbelanjaan. Yaitu The Park Sawangan dan Transmart Cibubur.

“Saat ini kami masih menunggu ADM-nya datang karena terkendala pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Mudah-mudahan akhir September 2020 sudah bisa terpasang. Kami akan melakukan peluncuran dan masa percobaan terlebih dahulu sebelum bisa digunakan olehkan warga,” ujarnya. belum lama ini.

Dirinya menjelaskan, masyarakat akan semakin dimudahkan dengan mesin ini untuk proses pembuatan dan pencetakan administrasi kependudukan. Misalnya pencetakan KTP elektonik, Kartu Identitas Anak, Akta dan Kartu keluarga.

“Tetapi bukan asal cetak tentu harus mengikuti proses permohonan dulu. Nantinya warga bisa memilih ingin cetak di kelurahan atau pada mesin ADM ini. Kami akan buatkan tutorialnya dalam bentuk video bersama Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Depok yang akan segera disosialisasikan,” terangnya.

Dia menambahkan, pihaknya membeli satu mesin ADM menggunakan Anggaran Belanja Tahunan tahun 2020. Kemudian satu mesin lagi mendapatkan hibah dari Direktorat Jenderal Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Mesin ADM ini akan mengikuti jam operasional pusat perbelanjaan. Semoga bisa terlaksana, sehingga dapat menciptakan pelayanan yang membahagiakan,” tutupnya