DepokNews–Teknik Industri Universitas Gunadarma mengadakan kuliah umum dengan menghadirkan nara sumber Ketua Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas), Dr. Ing. Ilham Habibie, MBA. Kegiatan ini berlangsung di Kampus J6 Jalan Cikunir Raya Bekasi Jawa Barat, Selasa (10/12/2019). Kuliah umum ini diikuti ratusan peserta baik dosen maupun mahasiswa.

Kegiatan ini juga di hadiri Rektor Universitas Gunadarma, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM serta para pimpinan Universitas Gunadarma lainnya. Dalam sambutannya

sebelum membuka acara kuliah umum, Rektor Universitas Gunadarma menyampaikan rasa syukur penuh bahagia bisa menghadirkan Dr.Ing. Ilham Akbar untuk memberikan kuliah umum.

“Kehadiran Bapak Dr.Ing. Ilham Akbar membuat impian kami menjadi nyata. Sudah sejak lama kami punya keinginan untuk mengundang beliau hadir di Universitas Gunadarma.

Kami juga berharap beliau bisa mengunjungi kampus Universitas Gunadarma yang lainnya. Gedung Universitas Gunadarma tersebar di 12 lokasi dan beberapa sub lokasi,” kata Prof. Dr. E.S. Margianti.

Prof. Dr. E.S. Margianti juga berpesan agar kesempatan kuliah umum tersebut bisa dimanfaatkan secara optimal oleh peserta dengan menyimak secara seksama dan mengajukan pertanyaan mengenai bebagai hal terkait materi yang disampaikan oleh Dr.Ing. Ilham Akbar.

Kuliah Umum tersebut mengambil tema “Masa Depan Lulusan Teknik Industri Di Era Digital 4.0 Technopreneur – Peluang dan Tantangan.

Dalam paparanya sebagai nara sumber Dr.Ing. Ilham Akbar menjelaskan bahwa ekonomi mendatang harus mengendalikan inovasi.

Menurut Dr.Ing. Ilham Akbar ada empat hal yang perlu diperhatikan oleh negara manapun di dunia untuk mencapai potensi maksimal untuk masa depan. Empat hal tersebut adalah

1.Berinvestasi ke human capital
2.Berinvestasi ilmu pengetahian dan teknologi (Iptek)
3.Membina dan mendukung inovasi dan kewirausahaan
4.Meminimalkan kemiskinan

Pada kesempatan tersebut secara tegas Dr.Ing. Ilham Akbar menekankan pentingnya mahasiswa atau generasi muda menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi agar bisa bersaing.

Dijelaskan Dr. Ing. Ilham Habibie inovasi diperlukan untuk menjawab beberapa megatrends global yang mengubah dunia, yaitu

  1. Urbanisasi cepat
  2. Perubahan iklam dan kelangkaan sumber daya
  3. Pergeseran kekuatan ekonomi global
  4. Perubahan demograsi dan sosial
  5. Gebrakan teknologi

“Ekonomi dimasa mendatang akan dipengaruhi dan dibentuk oleh teknologi, inovasi dan kewirausahaan yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan dan kebutuhan yang timbul dari kelima megatrends ini,” jelas Dr.Ing. Ilham Akbar.

Acara kuliah umum berjalan dengan lancar, para peserta tampak antusias menyimak paparan Dr.Ing. Ilham Akbar, dan saat dibuka sesi tanya jawab banyak para peserta yang mengajukan berbagai pertanyaan.