DepokNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dan DPRD akan menyelenggarakan rapat anggaran soal antisipasi virus Covid-19 (Corona). Direncanakan, rapat dilakukan dalam waktu dekat ini. 

“Insya Allah minggu depan Banggar (Badan Anggaran, DPRD) akan rapat bersama TAPD (tim anggaran pemerintah daerah, Pemkot Depok) dan dinas terkait. Ini menjadi bahasan penting,” ungkap Wakil Ketua DPRD Kota Depok, Yetti Wulandari, Jumat (13/3/2020). 

Menurutnya, bagaimana pun Depok harus tetap bersiaga. Karena ini menjadi bahasan penting. “Karena kalau bicara masalah Corona, ada masa inkubasi. Ini masa-masa yang kita harus bersiaga,” ujarnya. 

Yetti mengungkapkan, fokus pembahasan rencana anggaran akan diutamakan pada anggaran buat puskesmas-puskesmas. Alasannya, puskesmas adalah garda terdepan menghadapi warga Depok di berbagai titik. Kemampuan puskesmas untuk mendeteksi gejala corona dan mengedukasi warga yang awam soal virus yang telah ditetapkan sebagai pandemi global ini. 

“Kita harus menjaga anggaran, karena banyak puskesmas yang harus bersiaga,” katanya.

Puskesmas juga harus bisa mendeteksi ketika ada warga yang datang dan awam soal Covid-19. “Ketika mereka datang, ini juga sudah bisa diatasi dari tataran terbawah. Puskemas sudah bisa menyiapkan dan memberikan rujukan sesuai protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat,” ucapnya.(Wan/WD)
[16:42, 3/14/2020] Mujiran Jual Kaca Mata: Ini depannya masih warta depok