DepokNews- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD) Depok gelar rapat paripurna dalam rangka penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggung jawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok tahun anggaran 2019, Kamis (23/7/2020).

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Depok Edi Masturo dalam penyampaiannya Pemerintah Kota Depok yang kembali mencatat prestasi membanggakan dengan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 9 secara berturut- turut. Penghargaan dari Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK) Provinsi Jawa Barat, ini tentunya terkait dengan kerja keras Pemkot Depok dalam tertib administrasi keuangan sesuai aturan dan standar yang berlaku.

Adanya penghargaan tersebut diharapkan menjadi motivasi bagi pemerintah Kota Depok untuk bekerja lebih baik dan menghasilkan informasi keuangan yang dapat dipertanggung jawabkan dengan proses dan kinerja lebih transparan dan akuntabel.

Untuk tahun anggaran 2019, tingkat efektifitas yang di capai oleh Pemerintah Kota Depok adalah 85.33 persen yang berarti cukup efektif
hal ini sesuai dengan memberikan panduan tingkat efektivitas dalam kriteria penilaian dan kinerja keuangan.

Pemerintah Kota Depok perlu meningkatkan perlu pemanfaatan dana yang tersedia untuk melaksanakan program-programnya agar memberikan dampak positif yang maksimal dalam mencapai sasaran-sasaran yang di tetapkan untuk mencapai visi dan misi Kota Depok.

Untuk tahun anggaran 2019, tingkat efisensi yang di capai oleh Pemerintah Kota Depok adalah sebesar 99,85 persen. Pemerintah Kota Depok harus lebih mengoptimalkan perencanaan dan waktu perencanaan sehingga semua kegiatan dapat terealisasi tepat wakru. Pemerintah Kota Depok harus mengevaluasi efisiensi penyerapan anggaran belanja langsung yang mempengaruhi besaran silpa.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna dalam sambutannya menyampaikan Pemerintah Kota Depok menyambut baik dalam kegiatan anggaran tahun 2020.

“Semoga yang di rencanakan pada tahun 2020 dapat bermanfaat bagi masyarakat Depok,” pungkas Pradi.(mia)