DPC Partai Demokrat Depok Gelar Musancab

DepokNews- DPC Partai Demokrat Kota Depok gelar Musyawarah Anak Cabang (Musancab) serentak untuk 11 kecamatan, di Hotel Bumi Wiyata, Sabtu (2/11/2019). Musancab juga sebagai persiapan mesin Partai Demokrat jelang Pilkada Depok 2020.

Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan, dan Kaderisasi (BPOKK) DPD Demokrat Jawa Barat Sugianto Naingolah mengatakan bahwa Musancab ini merupakan program Jabar. Pihaknya pun telah menyelesaikan 20 DPC dari 27 DPC se-Jabar.

“Bulan depan semua selesai, setelah itu kami merencanakan pelantikan sekaligus yang dilaksanakan DPP di Sentul serentak. Ada sekitar 25 ribu pengurus DPC, PAC, Ranting yang dilantik,” kata Sugianto.

Sugianto menegaskan, Demokrat satu-satunya partai yang melaksanakan Musancab. Melalui musyawarah mufakat, karena itu adalah demokrasi yang sesungguhnya. Musancab ini pun sebagai kebangkitan moral merebut kejayaan di Tahun 2009. Mesin sudah siap dijalankan menghadapi Pilkada Depok.

“Kami tidak ingin ada kader yang terbelah, karena ingin merebut kekuasaan kembali,” ujarnya. 

Sesuai arahan dari DPP bahwa Demokrat adalah partai yang sudah berpengalaman dua kali menjadi presiden, dan partai besar. Tahun 2009 tidak ada partai terbesar selain Demokrat.

“Musancab ini pun sebagai kebangkitan moral merebut kejayaan di Tahun 2009. Mesin sudah siap dijalankan menghadapi Pilkada Depok,” kata Sugianto.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Demokrat Depok Edi Sitorus menuturkan, Musancab sesuai dengan amanah Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART). Guna memilih Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) di tingkat kecamatan, dengan mekanismenya tetap dijalankan, setiap PAC akan melaksanakan dengan peserta yang memiliki hak pilih.

“Di Musancab ini ada tata tertibnya. Jadi, siapapun bisa mencalonkan, selama kandidat tersebut didukung pengurus. Hak suaranya terdiri dari DPD, DPC, Ketua PAC demisioner, dan Ranting tiap kecamatan. Ini untuk ketua-ketuanya saja. Setelah itu, ketua akan membentuk pengurus formatur di tingkat kecamatan,” jelas Edi.

Ia berharap, setelah digelarnya Musancab ini struktur DPC, PAC dan Ranting, diharapkan dapat melakukan konsilidasi ke masyarakat untuk Pilkada Depok 2020 dan Pemilu 2024.

“Ini menjadi agenda politik kami jelang Pilkada, penguatan infrastruktur partai sambil melakukan pemilihan ketua ranting. Itu tingkat kelurahan, kami akan roadshow di 63 kelurahan jelang Pilkada,” tandas Edi.(mia/)