DepokNews– Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok mengajak seluruh warga untuk turut berpartisipasi mengkampanyekan lingkungan ramah anak di wilayah masing-masing. Bahkan, kampanye ini makin gencar seiring telah dipasangnya beberapa plang berisi pesan-pesan perlindungan terhadap anak di lingkungan Balai Kota Depok.

Kepala Bidang Tumbuh Kembang dan Pengembangan Kota Layak Anak DPAPMK, Yulia Oktavia mengatakan, selain di Balai Kota, nantinya sudah ada rencana pemasangan di beberapa titik Jalan Margonda yang akan dikoordinasikan terlebih dahulu untuk izin pemasangannya. Lokasi ini dinilai cukup strategis karena banyak warga yang pasti melewati jalan tersebut, sehingga pesan-pesannya dapat tersampaikan dengan baik.

“Memang kami ada rencana selanjutnya, plang pesan perlindungan anak juga dipasang di beberapa titik di Margonda. Lokasinya cukup strategis dilihat banyak warga,” jelas Yulia, di kantornya, Senin (25/06/2018).

Yulia juga menambahkan, pemasangan plang ini juga sebagai upaya dalam mewujudkan serta mendongkrak kepedulian masyarakat dalam mensukseskan program Depok menuju Kota Layak Anak.

Menurutnya, selain sosialisasi, media seperti ini diharapkan juga mampu meningkatkan  kesadaran warga terhadap ancaman kekerasan pada anak.

“Ini harus kita dorong terus,  agar warga semakin peduli. Jika ada indikasi-indikasi kekerasan, narkoba, pergaulan bebas, dan sebagainya, ada beberapa nomor pengaduan melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) Jelajah Cepat Isu Kekerasan Anak Indonesia (TRC JETSKI) di  hotline kami 112, dan telepon 08111186598,” tambahnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak wilayah lain berpartisipasi membuat slogan pesan perlindungan anak dengan kreasi masing-masing. Seperti halnya membuat lukisan 3 dimensi di beberapa  wilayah.

“Bisa disesuaikan dengan wilayahnya masing-masing, yang terpenting pesannya bisa tersampaikan dengan baik,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id