DepokNews–Iyan Mulyana Dosen yang juga Kepala Lab Komputer Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Pakuan berhasil meraih prestasi yang gemilang. Iyan Mulyana, pria kelahiran Bandung, 25 Juni 1970 ini berhasil menyelesaikan pendidikan jenjang S3 hanya dalam waktu tiga tahun dan dinyatakan lulus sebagai Doktor IT dengan predikat Cum Laude.

Gelar Doktor IT tersebut berhak disandangnya setelah ia secara meyakinkan berhasil mempertahankan desertasinya yang berjudul “Pengembangan Algoritma Stemming Bahasa Indonesia Melalui Modifikasi Kelompok Imbuhan, Urutan dan Cara Penghaspusan Imbuhan Berbasis Morfofonemik” dalam sidang terbuka Promosi Doktor Teknologi Informasi di Auditorium Universitas Gunadarma, Gedung F.8 Jalan RTM Depok, Senin (18/2/2019).

Dalam sidang terbuka tersebut, Iyan Mulyana bukan hanya lulus dengan predikat Cum Laude namun juga mendapat apresiasi dari Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E. S. Margianti, SE., MM dan para penguji lainnya, karena Iyan Mulyana menamakan algoritma penelitiannya dengan nama Algoritma UG2018, kepanjangan dari Algoritma Universitas Gunadarma 2018.

“Algoritma UG2018 menjadi produk anak bangsa untuk menguji makalah. Penelitian seperti ini dibutuhkan untuk content analisis dokumen berbahasa Indonesia,” kata Prof. Dr. E. S. Margianti.

Dalam presentasinya Iyan Mulyana ia menjelaskan secara rinci tahap demi tahab alur penghapusan imbuhan sebuah kata dan memberikan banyak contoh kata berimbuhan dan proses penghapusannya.

Iyan Mulyana, bapak dari dua orang putri menempuh jenjang pendidikan S3 di Universitas Gunadarma dengan Promotor: Prof. Dr. Ing. Adang Suhendra, Ko Promotor: Doktor Ernastuti dan Doktor Bheta Agus W.

Sebelum menjadi seorang doktor, Iyan Mulyana juga sudah meraih banyak prestasi atau penghargaan, antara lain : tahun 2013 mendapat penghargaan sebagai Ketua tim peneliti hibah pengabdian masyarakat dari Dirjen Dikti, tahun 2015 terpilih menjadi dosen berprestasi tigkat Universitas Pakuan, penyaji terbaik seminar hasil Penelitian Desentralisasi dari Dirjen Dikti dan berbagai penghargaan lainnya.