Dosen dan Mahasiswa Geografi FMIPA UI Teliti Potensi Ekowisata Karst Gunungkidul

DepokNews–Tim Kelompok Studi Geografi Universitas Indonesia (KSG UI) yang beranggotakan 35 orang di bawah binaan Triarko Nurlambang serta pembimbing penelitian Astrid Damayanti menggelar kegiatan Penelitian Inti (PENITI) 2019 bertajuk “Dinamika Bentang Alam Karst dan Pemanfaatannya untuk Masyarakat Lokal” di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Astrid Damayanti kepada wartawan pada Rabu (4/9) di Kampus UI mengatan
dari hasil terjun ke lapangan, tim KSG UI berhasil menemukan bahwa wilayah Gunung Kidul memiliki potensi wisata alam yang besar sehingga strategi pengelolaan berbasis jasa lingkungan perlu dilakukan untuk mengembangkan ekowisata yang berkelanjutan guna meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Pada tahun ini, PENITI memfokuskan penelitiannya terhadap kawasan karst yang berada di Gunungkidul.

“Tim kami KSG UI terbagi menjadi lima grup dengan fokus topik yang berbeda-beda, mulai dari Ekowisata Goa hingga Pantai,”katanya.

Ketua pelaksana kegiatan, Angga Kurniawansyah, menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengetahui potensi pengembangan ekowisata karst di Gunungkidul sekaligus merancang agar kegiatan pariwisata dapat memiliki program yang berkelanjutan.

Hal ini dapat terlihat dengan salah satu topik penelitian yang berjudul “Strategi Pengelolaan Nilai Ekonomi Jasa Lingkungan Wisata Goa Pindul.”

Tidak hanya melakukan penelitian, tim KSG UI pun menggelar Pengabdian Masyarakat dalam bentuk sosialisasi hasil temuan penelitian lapangan terkait lokasi karst yang dapat dijadikan sebagai tujuan wisata potensial kepada salah satu biro wisata di Goa Pindul yaitu CV Wirawisata.

Selain itu, tim KSG UI pun memberikan peta yang telah diperoleh dalam penelitian tersebut.

Harapannya dengan dilaksanakan program PENITI 2019 dapat memberikan sumbangsih yang besar baik untuk pengembangan ilmu pengetahuan maupun masyarakat lokal sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini terselenggara berkat dukungan dari Community Social Responsibility (CSR) Bank BCA.

https://www.facebook.com/Grosir-Kaca-Mata-1734066946827730/